Search

Bolehkah copas copy paste artikel dakwah di sosmed dalam Islam?

Baca Juga :

 



*POSTINGAN DAKWAHMU KOQ CUMA COPY PASTE❓*


Ternyata jika kita kaji dan kita telusuri lebih dalam fakta menunjukkan bahwa ilmu agama islam itu sebenarnya awal mula copy paste dari masa ke masa, dari zaman ke zaman. Sampai akhirnya ilmu agama Islam sampai kepada kita.

 


💦 Ketika Muhammad menjadi seorang Rosul, maka untuk yang pertama kali Beliau mendapat pelajaran agama Islam dari wahyu yang diturunkan oleh malaikat Jibril, dan malaikat Jibril mendapat tugas dari Allah ﷻ.

 


💦 Kemudian para sahabat mengcopas ilmu agama step by step dari Rosulullah ﷺ, yang dilanjutkan para tabi'in yang mengcopas dari para sahabat.

 


💦 Dan proses selanjutnya adalah para tabi'ut-tabi'in mengcopas ilmu agama dari tabi'in. Dan dari tabi'ut-tabi'in inilah 4 imam madzhab mengcopas ilmu agamanya.

 


💦 Dan dari merekalah para ulama mendapatkan ilmu agama yang terus dicopas dan dishare dari masa kemasa sampai saat ini. Jadi yang namanya paste ya harus pas, gak boleh ditambah atau dikurangin.

 


💦 Pokoknya ajaran islam ini wajib copas dari Nabi, jangan bikin inovasi atau ngarang sendiri.

 


💦 Agama Islam itu sudah sempurna, tidak boleh ditambah dan dikurangi. Kewajiban umat Islam adalah ittiba’.

 


💞 Allah ﷻ berfirman : 


 

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا


“… Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, dan telah Aku cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Aku ridhoi Islam sebagai agama bagimu …”

(QS. Al Maidah 3)

 


💞 Allah ﷻ telah menjelaskan di dalam Al Qur'an bahwasannya kita diwajibkan mengambil dan mengikuti segala apa yang telah disabdakan dan dicontohkan oleh Rosulullah ﷺ. Hal ini berdasarkan firman Allah Azza wa Jalla : 

 


مَّن يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ


“Barangsiapa yang mentaati Rosul {Muhammad} maka sesungguhnya ia telah mentaati Allah…”

(QS. An Nisaa’ 80)

 


💞 Juga firman-Nya : 

 


وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا


"… Dan apa yang diberikan Rosul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah …”

(QS. Al Hasyr 7)

 


💦 Maka segala sesuatu yang telah dijelaskan oleh Sunnah Rosulullah ﷺ, sesungguhnya Al Qur'an telah menunjukkannya pula. Karena Sunnah termasuk juga wahyu yang diturunkan dan diajarkan oleh Allah ﷻ kepada Rosulullah ﷺ.


💞 Allah Ta'ala berfirman : 


 

وَأَنزَلَ اللَّهُ عَلَيْكَ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ


“… Dan {juga karena} Allah telah menurunkan Al Kitab {Al Qur'an} dan Al Hikmah {As Sunnah} kepadamu …”

(QS. An Nisaa’ 113)


💞 Dari Al Miqdam bin Ma’dikarib rodhiyallahu ‘anhu, Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


أَلَا إِنِّي أُوتِيتُ القُرآنَ وَمِثلَهُ مَعَهُ ، أَلَا يُوشِكُ رَجُلٌ شَبعَان عَلَى أَرِيكَتِهِ يَقُولُ : عَلَيكُم بِهَذَا القُرآنِ ، فَمَا وَجَدتُم فِيهِ مِن حَلَالٍ فَأَحِلُّوهُ ، وَمَا وَجَدتُم فِيهِ مِن حَرَامٍ فَحَرِّمُوهُ ، أَلَا وَإِنَّ مَا حَرَّمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ كَمَا حَرَّمَ اللَّهُ


“Ketahuilah, sesungguhnya aku diberi Al Qur’an dan sesuatu yang sama dengan Al Qur’an {As Sunnah}. Ketahuilah, akan ada orang yang suka kekenyangan, bertelekan di ranjang mewah, dan berkata, “Berpeganglah kalian kepada Al Qur’an. Apapun yang dikatakan halal di dalam Al Qur’an, maka halalkanlah, sebaliknya apapun yang dikatakan haram dalam Al Qur’an, maka haramkanlah. Sesungguhnya apapun yang diharamkan oleh Rosulullah, Allah juga mengharamkannya.”

(HR. Turmudzi no. 2664 dan dishohihkan Al Albani)


💞 Rosulullah ﷺ bersabda :


 

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ


"Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan berasal dari kami, maka amalan tersebut tertolak.”

(HR. Muslim no. 1718)

 


💞 Rosulullah ﷺ setiap memulai khutbah biasanya beliau mengucapkan :


 

أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ


“Amma ba’du. Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad ﷺ. Sejelek-jelek perkara adalah {perkara agama} yang diada-adakan, setiap {perkara agama} yang diada-adakan itu adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah kesesatan.”

(HR. Muslim no. 867) 

 


💞 Jangan Malu Mengcopas Dan Menshare Ilmu karena Dari Ilmu Kamu Jadi Tahu. Kalo ada orang nyelutuk, ilmu agama kamu paling hasil copas di medsos. Orang bicara seperti itu karena tidak mempelajari ilmu agama secara sungguh-sungguh dan di dalam hatinya terdapat penyakit iri dan dengki. Kalo ilmu agama ngarang sendiri, itu namanya BID'AH dan hukumnya HARAM.¤

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments