Search

Hukum Sholawat burdah bidah dan syirik

Baca Juga :

 


Kekeliruan Kasidah AL-BURDAH 

Karya Al-Bushairi Dalam Pandangan Muhammad bin Jamil Zainu.


Muhammad bin Jamil Zainu atau Jameel Zeno (1925-2010 M) adalah seorang Ulama Sunni dan penulis produktif yang sangat disegani di negara-negara Barat terutama yang berbahasa Inggris. Dia lahir di Aleppo, Suriah. Pada awalnya dia mengikuti Thariqah Shufiyyah Syadziliyah dengan mazhab fikih Hanafi kemudian meninggalkannya menuju mazhab/metode (Manhaj) Salaf.


Di antara semua buku yang ditulisnya, dia sempat mengkritik sebuah kasidah yang populer dipanggil al-Burdah, yang ditulis oleh seorang SUFI kenamaan di Mesir bahkan dunia Islam pada umumnya yakni Imam al-Bushairi dalam bukunya yang bertajuk "Ash-Shufiyyah fi Mizan al-Qur'an wa as-Sunnah" (Sufi dalam Perspektif al-Qur'an dan Sunah).


Muhammad bin Jamil menilai sebahagian substansi dari Kasidah ini kontradiktif dengan substansi al-Qur'an dan sunah Nabi saw. 

Berikut syairnya :


1. "Yaa akram al-khalqi maa lii man aludzu bihi. Siwaka 'inda hululi al-haditsi al-'amimi."


"Wahai orang yang paling mulia (Muhammad), aku tidak mempunyai pelindung selain engkau ketika datang bencana yang merata."


๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฎ๐—ถ๐—ฟ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ-๐—ถ๐˜€๐˜๐—ถ๐—ด๐—ต๐—ฎ๐˜๐˜€๐—ฎ๐—ต ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ฅ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—น๐˜‚๐—น๐—น๐—ฎ๐—ต ๐˜€๐—ต๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—น๐—น๐—ฎ๐—ต๐˜‚ ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ถ๐—ต๐—ถ ๐˜„๐—ฎ ๐˜€๐—ฎ๐—น๐—น๐—ฎ๐—บ, ๐˜€๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐˜†๐—ฎ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ธ๐—ฎ๐˜๐—ฎ : "๐—”๐—ธ๐˜‚ ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐—ฒ๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐˜ ๐—บ๐—ฒ๐—น๐—ถ๐—ป๐—ฑ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ถ๐—ธ๐˜‚ ๐—ธ๐—ฒ๐˜๐—ถ๐—ธ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฏ๐—ฒ๐—ป๐—ฐ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฒ๐—น๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ต ๐—ธ๐—ฒ๐—ฐ๐˜‚๐—ฎ๐—น๐—ถ ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐˜‚." 


๐—œ๐—ป๐—ถ ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ธ ๐˜€๐˜†๐—ถ๐—ฟ๐—ถ๐—ธ ๐—ฏ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ (๐—ฎ๐—ธ๐—ฏ๐—ฎ๐—ฟ) ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐˜ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐—ธ๐—ฎ๐—น๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ธ๐˜‚๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ ๐—ฎ๐—ฝ๐—ถ ๐—ป๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ ๐—ท๐—ถ๐—ธ๐—ฎ ๐—ฏ๐—ฒ๐—น๐˜‚๐—บ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐˜‚๐—ฏ๐—ฎ๐˜ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐˜‚๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐˜†๐—ถ๐—ฟ๐—ถ๐—ธ ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐˜‚๐˜.


Sebagaimana Allah Subhanallah wa Ta'ala berfirman: "๐——๐—ฎ๐—ป ๐—ท๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ธ๐—ฎ๐—บ๐˜‚ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ต ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ-๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ณ๐—ฎ๐—ฎ๐˜ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฝ๐˜‚๐—น๐—ฎ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ ๐—บ๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐˜ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—บ๐˜‚ ๐˜€๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ถ๐—ป ๐—”๐—น๐—น๐—ฎ๐—ต, ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฎ๐—ฏ ๐—ท๐—ถ๐—ธ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฎ๐—บ๐˜‚ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐˜‚๐—ฎ๐˜ (๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฑ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—ธ๐—ถ๐—ฎ๐—ป) ๐—ถ๐˜๐˜‚, ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐˜€๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ด๐˜‚๐—ต๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ธ๐—ฎ๐—บ๐˜‚ ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ธ ๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด-๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜‡๐—ฎ๐—น๐—ถ๐—บ."  

(QS. Yunus [10]: 106).


Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam., pun bersabda, "๐—•๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐˜€๐—ถ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ ๐—บ๐—ฎ๐˜๐—ถ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ถ๐—ฎ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฒ๐—ฟ๐˜‚ (๐—ฏ๐—ฎ๐—ฐ๐—ฎ: ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฑ๐—ผ๐—ฎ) ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ถ๐—ป ๐—”๐—น๐—น๐—ฎ๐—ต, ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ ๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป-๐—ก๐˜†๐—ฎ, ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ ๐—ถ๐—ฎ ๐—ฝ๐—ฎ๐˜€๐˜๐—ถ ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ธ ๐—ป๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ." ." (HR. Bukhari).


2. "Fa inna min judika ad-dunya wa dharrataha. Wa min 'ulumika 'ilma al-lauhi wa al-qalami."


"๐—ฆ๐—ฒ๐˜€๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ด๐˜‚๐—ต๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฎ๐—ป๐˜๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฑ๐—ฒ๐—ฟ๐—บ๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐—ป๐—ฎ๐—ป๐—บ๐˜‚ ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐˜‚ (๐— ๐˜‚๐—ต๐—ฎ๐—บ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ) ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐˜‚๐—ป๐—ถ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฎ๐—ธ๐—ต๐—ถ๐—ฟ๐—ฎ๐˜. ๐——๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฎ๐—ป๐˜๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐—ถ๐—น๐—บ๐˜‚-๐—ถ๐—น๐—บ๐˜‚๐—บ๐˜‚ ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ถ๐—น๐—บ๐˜‚ ๐—Ÿ๐—ฎ๐˜‚๐—ต๐˜‚๐—น ๐— ๐—ฎ๐—ต๐—ณ๐˜‚๐—ฑ๐˜‡ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—”๐—น-๐—ค๐—ผ๐—น๐—ฎ๐—บ (๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ)."


Ini berarti pendustaan terhadap al-Qur'an di mana Allah Subhanallah wa Ta'ala telah berfirman: "๐——๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐—ฒ๐˜€๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ด๐˜‚๐—ต๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐˜‚๐—ป๐˜†๐—ฎ๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ฎ๐—บ๐—ถ-๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ฎ๐—ธ๐—ต๐—ถ๐—ฟ๐—ฎ๐˜ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐˜‚๐—ป๐—ถ๐—ฎ" (QS. Al-Lail [92]: 13).


Maka dunia dan akhirat kedua-duanya adalah dari (sisi) Allah dan di antara ciptaan-Nya (baca: makhluk-Nya), dan ia bukan karena kedermawanan Rasulullah Shalallahu a'laihi wasallam. Rasulullah Shalallahu a'laihi wasallam tidak mengetahui apa yang ada di dalam Lauhul Mahfuzh, karena tidak ada yang dapat mengetahui apa yang ada di dalamnya kecuali hanya Allah semata. Hal ini berarti pengkultusan dan berlebih-lebihan dalam memuji Rasulullah. Sampai-sampai (penyair menganggap) bahwa dunia dan akhirat dibuat karena kedermawanan Rasรปlullรขh Shalallahu a'laihi wasallam. Ia menganggap bahwa beliau mengetahui hal-hal gaib yang ada di dalam Lauhul Mahfuzh, bahkan ia menganggap bahwa apa yang ada di Lauhul Mahfuzh adalah dari ilmu beliau.


Rasรปlullรขh Shalallahu a'laihi wasallam, sendiri telah melarang kita mengkultuskan beliau sebagaimana, "Janganlah kalian mengkultuskanku sebagaimana orang-orang Nasrani mengkultuskan Nabi Isa putra Maryam, karena sesungguhnya aku adalah seorang hamba, maka katakanlah : Abdullah (hamba Allah) dan Rasul-Nya." 

(HR. Bukhari).


3. "Maa saamani ad-dahru dhaiman wa istajartu bihi. Illa wa niltu jiwaran minhu lam yadhumi."


"๐—ง๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐˜‡๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—ป ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฏ๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ธ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ถ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐—ธ๐˜‚ ๐—ธ๐—ฒ๐—บ๐˜‚๐—ฑ๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐—ฎ๐—ธ๐˜‚ ๐—บ๐—ถ๐—ป๐˜๐—ฎ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐—น๐—ถ๐—ป๐—ฑ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ๐—ป๐˜†๐—ฎ. ๐—ธ๐—ฒ๐—ฐ๐˜‚๐—ฎ๐—น๐—ถ ๐—ฎ๐—ธ๐˜‚ ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ผ๐—น๐—ผ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐˜€๐—ถ๐˜€๐—ถ๐—ป๐˜†๐—ฎ"


Sang penyair mengatakan: "Tidaklah aku tertimpa sakit, atau kesusahan kemudian aku meminta kesembuhan atau solusi dari kesusahan itu kepada beliau (Rasulullah) kecuali ia akan menyembuhkanku dan melapangkan kesusahanku."


Al-Qur'an mengisahkan tentang ucapan Nabi Ibrahim kepada Allah swt, 

"๐——๐—ฎ๐—ป ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฏ๐—ถ๐—น๐—ฎ ๐—ฎ๐—ธ๐˜‚ ๐˜€๐—ฎ๐—ธ๐—ถ๐˜, ๐——๐—ถ๐—ฎ-๐—น๐—ฎ๐—ต ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐˜‚๐—ต๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฎ๐—ธ๐˜‚." 

(QS. Asy-Syu'ara [26]: 80).


Allah swt juga berfirman, "๐—๐—ถ๐—ธ๐—ฎ ๐—”๐—น๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ถ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐˜‚๐—ฎ๐˜๐˜‚ ๐—ธ๐—ฒ๐—บ๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—บ๐˜‚, ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ต๐—ถ๐—น๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ป๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—บ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ถ๐—ป๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐——๐—ถ๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ฟ๐—ถ" (QS. Al-An'am [6]: 17).


Rasulullah saw bersabda, "Apabila kamu meminta (sesuatu), maka mintalah kepada Allah dan apabila kamu memohon pertolongan, maka mohonlah pertolongan kepada Allah" (QS. Tirmidzi).


4. "Fa inna lii dzimmatan minhu bi tasmiyati. Muhammadan wa hua awfa al-khalqi bi adz-dzimami."


"Sesungguhnya aku mempunyai jaminan darinya karena namaku Muhammad, dan dia adalah orang yang paling menepati janji."


Sang penyair berkata "Sesungguhnya aku mempunyai perjanjian dengan Rasulullah supaya ia memasukkan aku ke dalam surga karena namaku Muhammad."


Dari mana ia mempunyai perjanjian ini ?. Padahal kita mengetahui bahwa banyak dari kaum Muslimin yang fasik dan komunis namanya Muhammad, maka apakah dengan memberi nama Muhammad akan menjamin mereka masuk surga ?

Rasulullah pemah bersabda kepada putri beliau Fatimah, "Mintalah kepadaku dari hartaku sekehendakmu, (namun) aku tidak bisa (menjaminmu) di sisi Allah sedikitpun." (HR. Bukhari).


5. "La'alla rahmata Rabbi hina yaqsimuha. Ta'ti 'ala hasabi al-'ishyani fi al-qisami."


" Semoga rahmat Rabb-ku ketika Ia membaginya, diberikan sesuai dengan tingkat kemaksiatannya."


Hal ini tidak benar. Karena sekiranya rahmat Allah diberikan berdasarkan tingkat kemaksiatannya sebagaimana yang dikatakan oleh penyair tersebut, tentulah setiap muslim akan menambah kemaksiatannya sehingga ia memperoleh rahmat yang lebih banyak lagi. Tetapi hal ini tidak mungkin akan dikatakan oleh seorang muslim dan orang yang berakal karena menyelisihi firman Allah swt, "Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik." (QS. Al-A'raf [7]: 56).


Dan juga firman-Nya, "Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu, maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang yang bertaqwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami." (QS. Al-A'raf [7]: 156).


6. "Wa kaifa tad'u ila ad-dunya dharuratu man. Laula hu lam tukhraj ad-dunya min al-'adami."


"๐—•๐˜‚๐—ฎ๐˜ ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฎ๐—บ๐˜‚ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—ป๐˜๐—ฎ-๐—บ๐—ถ๐—ป๐˜๐—ฎ ๐—ฑ๐˜‚๐—ป๐—ถ๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ฑ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—ธ๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ธ ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐—น ๐—ธ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐˜‚ ๐—ฏ๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ (๐—ก๐˜‚๐—ฟ ๐— ๐˜‚๐—ต๐—ฎ๐—บ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ) ๐—ป๐—ถ๐˜€๐—ฐ๐—ฎ๐˜†๐—ฎ ๐—ฑ๐˜‚๐—ป๐—ถ๐—ฎ ๐—ถ๐—ป๐—ถ ๐˜๐—ฎ๐—ธ ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ป๐—ถ๐˜‚๐—ป๐—ฐ๐˜‚๐—น ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ๐˜๐—ถ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฎ๐—ป๐—ป๐˜†๐—ฎ."


๐—ฆ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฎ๐—ถ๐—ฟ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ธ๐—ฎ๐˜๐—ฎ: "๐—ฆ๐—ฒ๐—ธ๐—ถ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ ๐—ก๐—ฎ๐—ฏ๐—ถ ๐— ๐˜‚๐—ต๐—ฎ๐—บ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ ๐—ฑ๐˜‚๐—ป๐—ถ๐—ฎ ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ถ๐—ฐ๐—ถ๐—ฝ๐˜๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป." 


Allah Azza wa Jalla mengingkari (pernyataan)nya sebagaimana firman-Nya, "๐——๐—ฎ๐—ป ๐—”๐—ธ๐˜‚ ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ฐ๐—ถ๐—ฝ๐˜๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ท๐—ถ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐˜‚๐˜€๐—ถ๐—ฎ ๐—บ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ถ๐—ป๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐˜‚๐—ฝ๐—ฎ๐˜†๐—ฎ ๐—บ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฒ๐—ธ๐—ฎ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—ฏ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—ต ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ-๐—ž๐˜‚.." 

(QS. Adz-Dzariyat [51]: 56).


Bahkan Nabi Muhammad Shalallahu a'laihi wasallam sendiri diciptakan untuk beribadah dan mengajak beribadah kepada Allah swt. Allah berfirman: "Dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal)." (QS. Al-Hijr [15]: 99).


7. "Aqsamtu bi al-qamari al-munsyaqqi inna lahu. Min qalbihi nisbatan mabrurat al-qasami."


"Aku bersumpah dengan bulan yang terbelah, jika kepunyaannya dari hatinya, maka pertanda terkabulnya sumpah tersebut."


Sang penyair bersumpah dengan bulan, padahal Rasulullah bersabda, "Barangsiapa bersumpah atas nama selain Allah, maka ia telah berbuat syirik." 

(hadis sahih diriwayatkan oleh Ahmad).


8. "Lau nasabat qadrahu ayatuhu 'izhama. Ahya ismuhu hina yud'a darisa ar-rimami."


"๐—ฆ๐—ฒ๐—ธ๐—ถ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—บ๐˜‚๐—ธ๐—ท๐—ถ๐˜‡๐—ฎ๐˜ ๐—ฅ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—น ๐—ถ๐˜๐˜‚ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ป๐—ถ๐˜€๐—ฐ๐—ฎ๐˜†๐—ฎ ๐—ธ๐—ฒ๐˜๐—ถ๐—ธ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐˜‚๐˜ ๐—ป๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—ฅ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—น ๐˜๐—ฒ๐—ป๐˜๐˜‚ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ถ๐˜๐—น๐—ฎ๐—ต ๐˜๐˜‚๐—น๐—ฎ๐—ป๐—ด-๐˜๐˜‚๐—น๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ฏ๐—ถ๐—ป๐—ฎ๐˜€๐—ฎ."


Maknanya: sekiranya mukjizat Rasulullah shalallahu alaihi wa itu berkekuatan atas tulang-belulang niscaya mayit yang telah hancur itu akan hidup dan bangkit kembali dengan menyebut nama Rasรปlullรขh Shalallahu a'laihi terjadi, berarti Allah belum memberi mukjizat yang memang sebagai hak Rasulullah Shalallahu a'laihi wasallam.


๐—จ๐—ฐ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฎ๐—ถ๐—ฟ ๐—ถ๐—ป๐—ถ ๐˜€๐—ฒ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป-๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ฒ๐—ป๐˜๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ต๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ ๐—”๐—น๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ง๐—ฎ'๐—ฎ๐—น๐—ฎ ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ ๐—ฏ๐—ฒ๐—น๐˜‚๐—บ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ ๐—บ๐˜‚๐—ธ๐—ท๐—ถ๐˜‡๐—ฎ๐˜ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ ๐—ต๐—ฎ๐—ธ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ฅ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—น๐˜‚๐—น๐—น๐—ฎ๐—ต. ๐—œ๐—ป๐—ถ ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ฏ๐—ผ๐—ต๐—ผ๐—ป๐—ด ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐˜‚๐˜€๐˜๐—ฎ ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐˜€ ๐—ป๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—”๐—น๐—น๐—ฎ๐—ต, ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ ๐—”๐—น๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—”๐˜‡๐˜‡๐—ฎ ๐˜„๐—ฎ ๐—๐—ฎ๐—น๐—น๐—ฎ ๐˜๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐˜๐—ถ๐—ฎ๐—ฝ ๐—ก๐—ฎ๐—ฏ๐—ถ ๐—บ๐˜‚๐—ธ๐—ท๐—ถ๐˜‡๐—ฎ๐˜-๐—บ๐˜‚๐—ธ๐—ท๐—ถ๐˜‡๐—ฎ๐˜ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜€๐—ฒ๐˜€๐˜‚๐—ฎ๐—ถ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ด๐—ถ๐—ป๐˜†๐—ฎ. ๐—–๐—ผ๐—ป๐˜๐—ผ๐—ต๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐——๐—ถ๐—ฎ ๐˜๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ก๐—ฎ๐—ฏ ๐—œ๐˜€๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐˜‚๐—ฎ๐—ต ๐—บ๐˜‚๐—ธ๐—ท๐—ถ๐˜‡๐—ฎ๐˜ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ถ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐˜ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐˜‚๐—ต๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฎ๐˜๐—ฎ ๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฏ๐˜‚๐˜๐—ฎ, ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฎ๐—ธ๐—ถ๐˜ ๐—ธ๐˜‚๐˜€๐˜๐—ฎ, ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ถ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐˜ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ต๐—ถ๐—ฑ๐˜‚๐—ฝ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—น๐—ถ ๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜€๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ๐—ต ๐—บ๐—ฎ๐˜๐—ถ, ๐—”๐—น๐—น๐—ฎ๐—ต ๐’๐ฎ๐›๐ก๐š๐ง๐š ๐ฐ๐š ๐“๐š'๐š๐ฅ๐š ๐—ท๐˜‚๐—ด๐—ฎ ๐˜๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐˜‚๐—ธ๐—ท๐—ถ๐˜‡๐—ฎ๐˜ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ท๐˜‚๐—ป๐—ท๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ถ๐˜๐—ฎ ๐—ก๐—ฎ๐—ฏ๐—ถ ๐— ๐˜‚๐—ต๐—ฎ๐—บ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ ๐’๐ก๐จ๐ฅ๐š๐ฅ๐ฅ๐š๐ก๐ฎ ๐š'๐ฅ๐š๐ข๐ก๐ข ๐ฐ๐š๐ฌ๐š๐ฅ๐ฅ๐š๐ฆ., ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐˜‚๐—ฝ๐—ฎ ๐—”๐—น-๐—ค๐˜‚๐—ฟ'๐—ฎ๐—ป, ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐˜ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ๐—ธ ๐—ฎ๐—ถ๐—ฟ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ๐—ป, ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐˜ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ฏ๐˜‚๐—น๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—น๐—ฎ๐—ถ๐—ป-๐—น๐—ฎ๐—ถ๐—ป


Yang lebih ganjil lagi -lanjut tulis Zainu- Kasidah ini dinamai Burdah atau Bur'ah yang memiliki arti pakaian atau kesembuhan; karena penulisnya sebagaimana pengakuan mereka pernah sakit, kemudiam ia melihat Rasulullah lalu beliau memberikan jubah kepadanya, kemudian ia memakainya dan ia langsung sembuh dari sakitnya. 

Ini adalah dusta dan bohong sampai-sampai mereka mengagung-agungkan kasidah ini. 


Ingatlah bagaimana Rasulullah akan ridha terhadap ucapan seperti ini yang menyelisihi Al-Qur'an dan petunjuk Rasulullah serta di dalam -isinya- mengandung kesyirikan yang nyata.


Oleh Fahrurozi Umi 

Mahasiswa Tingkat Akhir, Fakultas Ushuluddin, Jurusan Tafsir, Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir.

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments