Cari Dakwah

Hukum membuat judul kajian gaul kekinian dalam Islam

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 





📎 KETIKA JUDUL KAJIAN DIKEMAS KEKINIAN


Semakin berlalunya tahun dan berkembangnya jaman, dakwah yang diselipi dengan gaya anak muda mulai diminati, apalagi target sasarannya adalah para pemuda yang baru hijrah. Pembawaan/metode/gaya bahkan judul kajian dibuat sedemikian rupa agar menyesuaikan jaman dan sasaran yang hendak dituju. 


Sebut saja, dakwah dengan menulis kata 'Kepo' yang lebih di kedepankan daripada menggunakan kata 'Tajassasu'. Atau istilah-istilah didalam sebuah komunitas/hobi/olahraga/media hiburan lalu diterapkan didalam judul dakwah. Tentu ini akan berimbas kepada martabat dakwah itu sendiri. 


Syaikh Sulaiman Ar-Ruhaili -hafizhahullaah- pada Dauroh di Batu, Malang, ada seorang penanya berkata :


“Ibnu Taimiyah telah memberi peringatan dalam kitab beliau Iqtidhaa' (Ash-Shiraathil Mustaqiim) agar komitmen untuk terus memakai istilah-istilah syar'i.”


Maka beliaupun menjawab :


Para da'i hendaknya terus menjaga kewibawaan dakwah.


Termasuk penjagaan terhadap kewibawaan dakwah adalah dengan memilih metode/gaya dalam berdakwah, serta dengan materi dakwah yang berbobot.


Termasuk dari peningkatan bobot dakwah adalah seorang da'i melandasi setiap kajiannya dengan ayat-ayat dan hadits-hadits, juga dengan bahasa yang fasih dan baik, serta komitmen menggunakan istilah/lafazh syar'i.


Dia hendaknya menjauhi penggunaan istilah/lafazh kekinian, terutama apa yang disampaikan saudara penanya pada sisa pertanyaannya yaitu bahwasanya sebagian da''i menggunakan nama-nama lagu, judul film, dan juga sinetron untuk menunjukkan kepada manusia bahwa dirinya berwawasan dan mengetahui hal-hal tersebut, kadang juga untuk membuat manusia tertawa. 


Padahal pada hakekatnya hal seperti itu justru menjatuhkan wibawa/martabat dakwah. Ini hendaknya dijauhi, bahkan wajib untuk dijauhi.


Selengkapnya : https://padangmangaji.blogspot.com/2022/03/ketika-judul-kajian-dikemas-kekinian.html


#PadangMangaji

Wakatunyo kito mangaji

.

❀━━━━━━❃❃❃━━━━━━❀


⭕ Informasi : https://linktr.ee/padangmangaji


#kajiansalaf#kajiansalaf#kajiantauhid#minang_mangaji

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments