Cari Dakwah

Hukum meyakini membunyikan klakson 3 kali di tempat angker untuk menghindari bahaya dalam Islam, apakah syirik?

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 




Ada sebuah tikungan tajam sebuah jalan, faktanya banyak kendaraan sering kecelakaan di situ. 


Mitos kesyirikan yang menyebar adalah:

“Agar terhindar dari kecelakaan, pengendara harus membunyikan klakson dengan kencang dalam waktu yang lama sebagai penghormatan terhadap jin penunggu tikungan tersebut”


Ternyata:  sebab utamanya adalah karena bunyi klakson itu bisa memberikan info pada kendaraan di seberang tikungan tajam bahwa ada kendaraan dari arah berlawanan sehingga bisa mengatur dan memperlambat kendaraan. Kecelakaan pun bisa dihindari.


Yang diajarkan dalam Islam adalah ketika kita mampir di suatu tempat, mintalah perlindungan pada Allah. Kholwah binti Hakim As Sulamiyyah berkata bahwa ia pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


مَنْ نَزَلَ مَنْزِلاً ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ. لَمْ يَضُرُّهُ شَىْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ


“Barangsiapa yang singgah di suatu tempat lantas ia mengucapkan “a’udzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa kholaq” (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya)”, maka tidak ada sama sekali yang dapat memudhorotkannya sampai ia berpindah dari tempat tersebut” (HR. Muslim no. 2708).


Sumber 

🌐 rumaysho.com 

🌐 muslimafiyah.com


📷 @mahasiswa.salaf x @thequran_path 

T.me/mahasiswa_salaf 



Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments