Cari Dakwah

Hukum kain tutup keranda mayat bertuliskan kalimat Tauhid laa ilaha illallah

Baca Juga :

Fotodakwah.com -


 



__


#ambbmskeranda #akumakinbanggabermanhajsalaf 

@minang_mangaji 📎 HUKUM TUTUP KERANDA BERTULISKAN LAA ILAHA ILLALAH


Hampir kebanyakan disekitar kita melihat keranda mayat yang identik dengan warna hijau bertulis lafadz laa ilaha illallah ataupun bacaan-bacaan Al-Quran disekeliling kain tersebut atau lafadz Allah dan Muhammad ataupun bacaan lainnya. 


Karna ada sebagian beranggapan bahwa lafadz itu bisa meringankan adzab si mayit atau memberikan manfaat bagi si mayit atau sebagai penanda bahwa jenazah tersebut adalah jenazah orang Islam, ataupun anggapan-anggapan lainnya.


Padahal adanya lafadz-lafadz dzikrullah tersebut besar kemungkinan akan direndahkan karna tercecernya kain tersebut di tempat-tempat yang tidak layak. Dan juga termasuk perbuatan menghinakan ayat-ayat Al-Quran.


Syaikh Bin Baz rahimahullah ditanya tentang hukum menutup keranda dengan kain yang bertuliskan ayat-ayat Al-Qur’an atau kalimat laa ilaha illallah


Maka beliau menjawab :


“Yang menjadi kewajiban adalah meninggalkan perbuatan semacam ini dan saling memberi nasehat berupa peringatan darinya. Karena perbuatan seperti ini termasuk menghinakan ayat-ayat Al-Qur’an. Juga karena sebagian orang menyangka bahwa tulisan ayat-ayat Al-Qur’an dapat memberi manfaat kepada si mayit. Inilah kesalahan yang mungkar tidak ada tuntunan sama sekali dalam syariat Islam yang suci ini. (Majalah Buhuts Al-Ilmiyyah, 37: 36&68)


Sudah seharusnya kain penutup keranda tidak bertuliskan ayat-ayat Al-Quran atau lafadz dzikrullah. Karna tidak ada sama sekali manfaat bagi si mayit dan juga tidak mampu menolong si mayit. Maka selayaknya kain keranda tersebut diganti dengan kain keranda yang polos tanpa ada bacaan ayat-ayat Al-Quran atau selainnya. 


Wallahu'alam


Selengkapnya : https://padangmangaji.blogspot.com/2022/03/hukum-tutup-keranda-bertuliskan-laa-ilaha-illallah.html


#PadangMangaji

Wakatunyo kito mangaji

.

❀━━━━━━❃❃❃━━━━━━❀


⭕ Informasi : https://linktr.ee/padangmangaji

#minang_mangaji#manhaj_salaf#manhajsalafusshalih#salafussholeh

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments