Search

Daftar amalan Sunnah ketika puasa

Baca Juga :

 




__


Reposted from @__hato__ Bismillāh.


• Letak niat itu di dlm hati. Jd, brgsiapa yg trbetik dlm hatinya utk brpuasa esok hari, maka ia sdh dikatakan berniat. Ditekankan lg bhw lafal niat "Nawaytu showma ghodin.." itu bkn ajaran Rasulullāh ﷺ.


Apakah boleh berniat utk puasa 1 bulan ? Jwbnnya boleh, tapi sebaiknya yg lebih hati² adalah kita melakukan niat setiap mlm. Sehingga jika ada yg tidur stelah ‘Ashar dan baru bangun setelah terbit fajar shubuh keesokan harinya, maka puasanya tdk sah krn ia tdk ada niat di mlm hari.


• “Perbedaan antara puasa kami dgn puasa ahli kitab adalah mkn sahur.” (HR. Muslim)


• “Para sahabat Muhammad ﷺ adalah org yg paling bersegera berbukanya & paling lambat sahurnya.” (HR. al-Baihaqi, 4/238, & dishahihkan al-Hafizh Ibnu Hajar)


• “Ada 3 do’a yg tdk tertolak: 1) doa pemimpin yg adil, 2) doa org yg berpuasa sampai ia berbuka, 3) doa org yg terzhalimi.”

[HR. Tirmidzi no. 3595, Ibnu Majah no. 1752. Dishahihkan oleh Ibnu Hibban dlm shahihnya no. 2408 & dihasankan oleh Ibnu Hajar]


• Waktu imsak yg tersebar di Masyarakat, 10-15 menit sebelum adzan subuh kita sudah harus berhenti makan & minum, ini sebuah kesalahan yg fatal meski tujuannya demi kehati²an agar tdk kebablasan.

Krn batas makan & minum adalah masuk wkt subuh (adzan)


• Doa sebelum berbuka adalah 

بِسْمِ اللَّه

Lalu ketika menyantap makanan & minuman atau setelahnya baru membaca do'a

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

“Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (artinya: Rasa haus telah hilang dan urat² telah basah, dan pahala telah ditetapkan in sya Allah)”[HR. Abu Daud no. 2357. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan]


Wallāhu a'lam.


Sumber : Muslim.or.id, asysyariah.com, & rumaysho.com


Follow 👉👉👉@__hato__

Utk update poster lainnya.


Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments