Search

Tidak ada Sunnah berbuka dengan yang manis, itu hanyalah sebuah iklan

Baca Juga :

 




Bismillฤh.

Entah sejak kapan mulai populer ungkapan “๐˜ฝ๐™š๐™ง๐™—๐™ช๐™ ๐™–๐™ก๐™–๐™ ๐™™๐™š๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฃ ๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™ข๐™–๐™ฃ๐™ž๐™จ“. Ada yang mengatakan sejak sebuah iklan produk minuman menggunakan tagline tersebut di bulan Ramadhan. Sampai-sampai sebagian (atau banyak) orang menganggap ungkapan ini sebagai hadits Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam (!?!)

Yang jelas, tidak ada hadits yang berbunyi “๐˜ฝ๐™š๐™ง๐™—๐™ช๐™ ๐™–๐™ก๐™–๐™ ๐™™๐™š๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฃ ๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™ข๐™–๐™ฃ๐™ž๐™จ” atau semisalnya, atau yang mendekati makna itu. Baik dalam kitab hadits maupun kitab fiqih. Tidak ada sama sekali.

Rasulullah Shollallฤhu’alayhi Wa sallam juga bersabda:

ูƒَูَู‰ ุจِุงู„ู…َุฑْุกِ ุฅِุซْู…ًุง ุฃู†ْ ูŠُุญَุฏِّุซَ ุจูƒู„ِّ ู…ุง ุณู…ุนَ

“cukuplah seseorang dikatakan pendusta ketika ia menyampaikan ๐™จ๐™š๐™ฉ๐™ž๐™–๐™ฅ ๐™–๐™ฅ๐™– ๐™ฎ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™ž๐™– ๐™™๐™š๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ง” (HR. Abu Daud 4992, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah, 2025)

๐— ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—ถ ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฑ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐˜๐—ถ๐—ธ๐—ฎ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐˜‚๐—ธ๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ฟ๐—ถ ๐˜€๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ๐—ต ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐˜๐˜‚๐—ป๐˜๐˜‚๐—ป๐—ฎ๐—ป๐—ป๐˜†๐—ฎ,

ูƒَุงู†َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูŠُูْุทِุฑُ ุนَู„َู‰ ุฑُุทَุจَุงุชٍ ู‚َุจْู„َ ุฃَู†ْ ูŠُุตَู„ِّู‰َ ูَุฅِู†ْ ู„َู…ْ ุชَูƒُู†ْ ุฑُุทَุจَุงุชٌ ูَุนَู„َู‰ ุชَู…َุฑَุงุชٍ ูَุฅِู†ْ ู„َู…ْ ุชَูƒُู†ْ ุญَุณَุง ุญَุณَูˆَุงุชٍ ู…ِู†ْ ู…َุงุกٍ

“Biasanya Rasulullah Shollallฤhu’alayhi Wa sallam berbuka puasa dengan ruthab sebelum shalat (Maghrib). Jika tidak ada ruthab (kurma basah) maka dengan tamr (kurma kering), jika tidak ada tamr maka beliau meneguk beberapa teguk air” (HR. Abu Daud 2356, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud)

Wallฤhu a'lam

Sumber : Muslimah.or.id


Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments