Search

Keselamatan akidah dan manhaj adalah barometernya

Baca Juga :

 





*KESELAMATAN AQIDAH DAN MANHAJ ADALAH BAROMETERNYA*


 (Mengambil Pelajaran dari Kisah Husein Al-Karobisi) 


- Siapakah Husein Al-Karobisi?

- Nama lengkapnya adalah Abu Ali Al-Husein bin Ali bin Yazid Al-Karobisi


✔️ ia seorang yang memiliki pemahaman mendalam

✔️ Berilmu

✔️ dan faqih


✔️ Ia memiliki karya tulis yang banyak dalam bidang fikih dan ushulnya


🔵 Al-Khatib Al-Baghdadi mengatakan, "Ia memiliki karya tulis yang banyak dalam bidang fikih dan ushul, hal itu menunjukkan atas baiknya pemahaman dia (dalam hal fikih dan ushul) dan ilmunya yang mendalam"


✔️ Ia juga murid dari Al-Imam Asy-Syafi'i, Yazid bin Harun, Ma'an bin Isa, dan para muhadditsin lainnya..


- Tapi Tahukah Anda, bahwa KELEBIHAN yang dimilikinya tidak menjadikannya mulia di sisi Ahlussunnah ketika ia melakukan perbuatan BID'AH‼️


- Ibnul Jauzi berkata, "Hanya saja ia terjatuh dalam permasalahan lafazh, ia mengatakan, bahwa lafazhku saat membaca Al-Qur'an adalah makhluk."


- Dengan sebab itu, Al-Imam Ahmad mentahdzirnya dan memerintahkan manusia agar meninggalkannya. Beliau berkata, "(orang) ini mubtadi' maka berhatil-hatilah darinya."


 Beliau juga berkata, "Semoga Allah menghinakan Al-Karobisi, jangan dijadikan teman duduk, jangan diajak bicara, jangan engkau menyalin buku-bukunya, dan jangan duduk bersama orang yang duduk dengannya."


 PEMAHAMANNYA tentang permasalahan Ushul dan Furu' ternyata TIDAK MEMBERIKAN manfaat kepadanya ketika ia terjatuh kepada kebid'ahan. 


✅ Muhammad bin Abdullah Ash-Shairafi Asy-Syafi'i berkata kepada muridnya, "AMBILLAH PELAJARAN dari keadaan al-Karobisi dan Abu Tsaur. Husein al-Karobisi kapasitas ilmu dan hafalannya tidak bisa ditandingi oleh Abu Tsaur walaupun hanya sepersepuluhnya. Tapi Ahmad (bin Hanbal) berbicara tentangnya dalam permasalahan lafazh (terhadap Al-Qur'an), sehingga ia (yakni al-Karobisi) pun jatuh. dan Ahmad memuji Abu Tsaur sehingga menjadi tinggi kedudukannya disebabkan ia berpegang teguh kepada sunnah."


 Oleh karena itu...

❌ JANGAN TERTIPU dengan penampilan

❌ JANGAN TERTIPU dengan keilmuan

❌ JANGAN TERTIPU dengan kefasihan

❌ JANGAN TERTIPU dengan ketawadhu'an dan kezuhudan

❌ JANGAN TERTIPU dengan banyaknya Buku yang diterbitkan


👇👇

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments