Cari Dakwah

Kenapa setiap wilayah negara berbeda hilal waktu penentuan awal bulan ?

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 



Hilal terbitnya dari barat, beda dengan terbitnya matahari. Oleh karena itu semakin ke barat, visibilitas hilal akan semakin tinggi. Jika timur sudah melihat hilal, maka otomatis barat akan lebih bisa bisa melihat juga ketika matahari terbenam. Dan tidak berlaku sebaliknya.


Kalau kita ingin berpatokan dengan rukyat internasional, berarti tanggal 1 Dzulhijjah dimulai dari negeri/tempat pertama terlihat hilal, kemudian bergeser ke arah barat, bukan ke arah timurnya tempat tersebut, karena jelas belum masuk tanggal 1.


Walhasil, misal hilal pertama terlihat di Arab Saudi, atau Irak, maka negeri2 di sebelah timurnya belum bisa dianggap masuk tanggal 1 Dzulhijjah ketika waktu maghribnya. Kita mesti hitung 1 Dzulhijjah ke arah barat, mulai dari Eropa, Afrika, Amerika, sampai menabrak garis pergantian hari di Samudra Pasifik, sampai ke Indonesia dan Asia.


Pada akhirnya, memang jatuhnya tetap beda hari antara Arab Saudi dengan negeri2 yang berada di timurnya. Sebab, hari dalam hitungan Islam dimulai sejak maghrib, dan maghrib di tempat kita memang belum masuk 1 Dzulhijjah ketika dirukyat.


Wallahu a'lam, sehingga saya cenderung pada pendapat yang menganggap adanya ikhtilaf mathali' atau perbedaan mathla'/tempat terbit hilal antar negeri. Dan itu berlaku baik Idul Fitri maupun Idul Adha, tidak dibedakan. Karena Rasulullah menyebutkannya bersamaan:


الصومُ يومَ تصومون ، والفطرُ يومَ تفطرون ، والأضحى يومُ تُضَحُّونَ


"Puasa adalah hari dimana kalian semua berpuasa, Idul Fitri adalah hari dimana kalian semua berbuka, dan Idul Adha adalah hari dimana kalian semua menyembelih." (HR At Tirmidzi)


Jika kita mengatakan bahwa Idul Fitri dan puasa adalah ibadah jama'i yang mengharuskan kebersamaan di bawah komando waliyyul amri, kenapa untuk Idul Adha menjadi tidak demikian?


Ini sekedar wacana ilmiah saja, bukan untuk bahan berselisih. Setuju silakan, tidak pun tidak mengapa.


Ristiyan Ragil

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments