Cari Dakwah

Memberikan waktu dan perhatian untuk anak

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 


MEMBERIKAN WAKTU DAN PERHATIAN UNTUK ANAK.

Ustadz Abu Ihsan Al Atsary, M.A.


Sebelumnya kita sudah membahas tentang kurangnya memberikan waktu dan perhatian kepada anak, bersikap cuek, tidak mau peduli, bahkan ada indikasi menjauh dari anak dengan alasan sibuk bekerja, sibuk berdagang, sibuk berbisnis, sibuk mengajar dan lain sebagainya.


Ada juga orang tua yang merasa bahwa orang yang paling berkompeten untuk dekat dengan anak adalah ibu, ini juga keliru. Kita semua tahu bahwa anak memerlukan dua sosok (ayah dan ibu). Lebih-lebih lagi ada orang tua yang menyerahkan urusan anaknya kepada pembantu. Anak itu justru dekat, bermain, bercanda, bergurau dan berkomunikasi dengan pembantu, bukan dengan kedua orang tuanya.


Maka waktu dan perhatian adalah sesuatu yang harus kita berikan kepada anak, bukan hanya mengeluarkan materi/harta. Itu tentunya tidak seberapa dibandingkan dengan waktu yang kita berikan. Nilai waktu tidak bisa kita konversikan dengan materi.


Anak perlu perhatian kita. Dia sebenarnya ingin orang tuanya menyembunyikan waktu untuknya. Ada anak yang melakukan hal-hal yang aneh seperti mencuri dan sebagainya hanya ingin mencuri perhatian orang tuanya. Dia melakukan hal-hal yang mengejutkan kita secara sengaja karena mungkin orang tua kurang perhatian. Biasanya anak-anak yang melakukan ini secara spontan tanpa pengaruh dari temannya itu dikarenakan orang tua kurang memberikan perhatian dan waktu kepada anak.


Maka dari itu kita harus menyisihkan waktu. Sesibuk apapun kita, sepenting apapun pekerjaan kita, anak adalah amanah/titipan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang wajib kita berikan haknya. Salah satu haknya adalah perhatian dari kita. Dan perhatian itu perlu waktu.


Kadangkala ada orang tua yang tidak sedang bekerja yang seharusnya waktunya bisa dia bisa berikan untuk keluarga (terutama untuk anak-anaknya) justru dihabiskan untuk melampiaskan hobinya. Sehingga nyaris tidak ada waktu untuk anak.


Selengkapnya: https://rodja.id/3f7

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments