Cari Dakwah

Mati suri tidak ada dalam syariat Islam

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 



——

[MATI SURI TIDAK ADA DALAM SYARIAT ISLAM]


Masyarakat mengenal istilah mati suri sebagai suatu fenomena dimana seseorang hidup kembali setelah dinyatakan meninggal dunia, bahkan sebagian masyarakat meyakini apa yang diucapkan oleh orang yang baru saja mati suri itu adalah sesuatu yang benar, seperti kabar ghaib, peristiwa tentang masa depan, atau mengaku baru saja bertemu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.


Tentu semua hal tersebut dusta karena yang terjadi sebenarnya adalah orang tersebut tidak benar-benar mati, tampaknya saja yang meninggal padahal masih hidup. Menurut pandangan syariat Islam sendiri, orang yang sudah mati tidak mungkin akan hidup lagi, karena orang yang sudah mati artinya dia telah berpindah ke alam kubur atau alam barzakh. Barzakh artinya dinding pembatas yang tidak bisa ditembus.


Allah berfirman,


"Dia membiarkan dua laut (tawar dan asin) bertemu. Di antara keduanya ada pembatas yang tidak dilampaui oleh masing-masing." (QS Ar-Rahman: 19-20)


Seakan-akan cerminan alam kehidupan dan alam kematian, kedua laut tersebut benar-benar bertemu tanpa bercampur sama sekali seakan-akan ada pembatas yang memisahkan keduanya, itulah bukti kekuasaan Allah.


Begitulah hakikat kehidupan dan kematian, ada pemisah yang tidak mungkin ditembus. Jika seorang manusia telah meninggal dunia maka dia tidak mungkin akan hidup kembali, sebagaimana angan-angan orang-orang kafir yang telah mati.


Allah berfirman,


"(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu) hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, 'Ya Tuhanku, kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku dapat beramal saleh yang telah aku tinggalkan.' Sekali-kali tidak! Sesungguhnya itu adalah dalih yang diucapkannya saja. Di hadapan mereka ada (alam) barzakh sampai pada hari mereka dibangkitkan." (QS Al-Mu'minun: 99-100)


Artikel www.muslimafiyah.com (Asuhan Ustadz dr. Raehanul Bahraen, M.Sc., Sp. PK, Alumnus Ma'had Al Ilmi Yogyakarta) #matisuri

__

📷 @fawaidsalafalummah x @thesunnah_path

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments