Search

Ciri ahlul bidah maling teriak maling

Baca Juga :

 



CIRI AHLUL BID'AH MALING TERIAK MALING


Imam Al-Barbahari rahimahullahu berkata: "Jika anda mendengar seseorang berkata si Fulan adalah Musyabbbih (yang menyerupakan sifat Allah dengan sifat makhluk) dan si Fulan berbicara tentang tasybih, maka pertanyakan tentang dirinya dan ketahuilah dia adalah Jahmi (pengikut kelompok Jahmiyah)..."

(Syarhussunnah hal. 118 no. 141 oleh Imam Al-Barbahari rahimahullahu)


Kelompok Jahmiyah adalah kelompok yang menafikan nama dan sifat Allah karena menurut mereka kalau Allah punya nama dan sifat, maka itu menyerupai makhluk. Mereka sebelum terjatuh ke dalam kesesatan ta'thil (menafikan nama dan sifat Allah) mereka terjatuh terlebih dahulu dalam kesesatan tasybih (menyerupakan Allah dengan makhluk).[*] Mereka yang musyabbihah namun menuduh ahlussunnah (sebagai) musyabbihah. Mereka menuduhkan "penyakit" yang ada dalam diri mereka sendiri kepada orang lain.

Seperti dalam peribahasa Arab:

رَمَتْنِي بِدَائِهَا وانْسَلَتْ

Dia menuduhkan penyakitnya sendiri kepadaku dan bersembunyi (maling teriak maling).


Inilah ciri Ahlul Bid'ah "Maling Teriak Maling"[**]. Maka waspada dan berhati-hatilah meskipun kelihatannya seperti orang yang berakhlak mulia padahal akhlaknya lebih kejam daripada serigala. Na'udzu Billah.

-------------------------


[*] Lihat Ithaf Al-Qari Bi At-Ta'liqat 'Ala Syarhi As-Sunnah Lil Imam Al-Barbahari 2/162 oleh Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullahu dan Al-Qawa'id Al-Mutsla hal. 91 oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullahu.


[**] Ringkasan dari rekaman Syarah Syaikh Shalih As-Suhaimi hafizhahullahu terhadap ucapan Imam Al-Barbahari rahimahullahu di atas. (Link: https://youtu.be/9xFHF0LE0Ss)

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments