Cari Dakwah

Rusaknya timbangan wala dan bara hizbiyyun

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 



RUSAKNYA TIMBANGAN WALA' DAN BARA' HIZBIYYUN


▶️ Syaikh Bakar bin Abdillah Abu Zaid rahimahullahu berkata dalam kitabnya yang spesial membahas hizbiyah yaitu 'Hukmu Al-Intima' Ila Al-Firaq Wa Al-Ahzab Wa Al-Jama'at Al-Islamiyyah': "Penyakit (Hizbiyah) yang paling berbahaya adalah ikatan wala' (loyalitas) dan bara' (permusuhan) di atas golongan. Inilah timbangan wala' dan bara' ala hizbi. Dan ini adalah bentuk penyelisihan terhadap Allah dan Rasul-Nya. Dan ini sama dengan fanatik golongan (ala Jahiliyah) yang telah dihapuskan oleh Islam." (Hukmu Al-Intima' hal. 137)


▶️ Beliau juga berkata: 

"Di antara fenomena Hizbiyah adalah penganugerahan pujian atas negeri para pendirinya, dan tempat kematian mereka (apalagi pujian kepada tokoh-tokohnya meskipun jelas sesat aqidahnya). Adapun para dai pembaharu tauhid -kapan dan dimana saja mereka berada-, maka engkau tidak akan mendapati hal seperti di atas (bahkan sebaliknya mendapatkan caci makian dan tuduhan-tuduhan dusta)." (Hukmu Al-Intima' hal. 146)


- Yang sesat aqidahnya dipuji karena satu golongan sedangkan yang di atas kebenaran atau yang membantah kesesatan dicaci maki. Jadi siapakah yang hizbi?!

- Jika ada yang mengatakan "di antara ciri terjangkit penyakit hizbi adalah mudah menebarkan issu (berita bohong) tanpa ada rasa takut kpd Allah ta'ala." Sungguh ini adalah bentuk pengakuan kesalahan mereka sendiri. 

- Bukankah golongan mereka yang gemar menyebarkan issu seperti menyebarkan berita bohong tentang pencekalan terhadap Syaikh Abdul Aziz Ar-Rayyis hafizhahullahu?!

- Jika ada yang mengatakan "di antara ciri terjangkit penyakit hizbi adalah dalam menyampaikan berita/pertanyaan kepada para syaikh (ulama panutan mereka) sering berbuat curang, sesuai kepentingan mereka dalam menjatuhkan lawan." Sebutkan buktinya?! 

- Dan siapakah yang antum maksud dengan (ulama panutan mereka)? Apakah Syaikh Abdul Aziz Ar-Rayyis hafizhahullahu?

- Kalau beliau yang antum maksudkan, kenapa memakai kata-kata (ulama panutan mereka)?! Bukankah beliau termasuk masyayikh salafiyin yang juga panutan bagi para salafiyin secara umum? Terlebih beliau juga banyak direkomendasi oleh masyayikh salafiyin lainnya semisal Syaikh Shalih As-Suhaimi, Syaikh Abdul Malik Ramadhani, Syaikh Ibrahim Ar-Ruhaili, Syaikh Ali Abu Haniyah dll? Ataukah itu bentuk ungkapan ketidak sukaan antum atau tahdzir antum terhadap beliau?

- Apakah beliau (Syaikh Abdul Aziz Ar-Rayyis) bukan ulama panutan antum? ataukah memang beliau bukan panutan bagi hizbiyyun?

- Ataukah penggunaan sebutan (ulama panutan mereka) hanya sebagai kedok untuk "melindungi orang dalam" karena telah menulis sebuah tulisan yang beliau (Syaikh Abdul Aziz Ar-Rayyis) katakan bahwa ucapan tersebut sampai ke level "kemurtadan"?

- Ataukah karena beliau memberikan kajian di tempat ustadz yang tidak antum sukai hingga kalian nyinyiri beliau?! 

- Bukankah di antara ciri hizbiyyun adalah mencela/nyinyiri ulama dakwah salafiyah?!


▶️ Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i rahimahullahu berkata: "Di antara tanda orang-orang hizbiyyun adalah mereka memperolok (nyinyiri) para ulama." (Link: https://youtu.be/dpaW3k3C9n8)


▶️ Syaikh Ahmad bin Yahya An-Najmi rahimahullahu berkata: "Dan ahlussunnah wal jamaah telah menyatakan: Apabila anda melihat seseorang membenci Fulan dan Fulan dari ulama ahlussunnah, maka pertanyakan agamanya. Dan telah jelas bagi kami dari kelakuan Hizbiyah Ahlil Bid'ah bahwa mereka adalah musuh bagi ashabil hadits ahlussunnah dan musuh bagi para dai-dai tauhid serta para penyeru aqidah salafiyah shahihah." (Irsyad As-Sari: 210-211)

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments