Search

Menjawab fitnah ke Ustad Firanda melakukan bidah main HP setelah sholat

Baca Juga :

 



Video : https://youtube.com/shorts/ZWoGHtUgbns?feature=share

——

(Baca Caption) - Penjelasan dibawah ini InsyaAllah sangat lengkap [perkiraan baca 4 menit 40 detik]


Ketika membahas hukum salam-salaman setelah shalat, ada sebagian orang yang berpendapat salam-salaman setelah shalat bukan bid’ah dengan argumen : 


“kalau salam-salaman setelah shalat ditanya apa dalilnya, sekarang kita tanya apa dalilnya membuka handphone (HP) setelah shalat? karena orang yang membid’ahkan salam-salaman setelah shalat juga terkadang membuka HP setelah shalat”.


Artikel ini tidak bahas tentang hukum salam-salaman setelah shalat, juga tidak membahas hukum membuka HP setelah shalat, namun membahas argumen di atas yang keliru dalam memahami konsep bid’ah.


Baca Juga: Hukum Salam-Salaman Setelah Shalat: https://muslim.or.id/20491-hukum-salam-salaman-setelah-shalat.html


- Qiyas ma’al fariq

Tentu berbeda antara orang yang salam-salaman setelah shalat dengan orang yang membuka HP setelah shalat. Ini disebut dengan qiyas ma’al fariq, menganalogikan dua hal yang berbeda.


Perbedaan pertama: salam-salaman setelah shalat dianggap sebagian ritual yang dikaitkan dengan shalat, membuka HP setelah shalat tidak dianggap demikian


Diantara kaidah dalam mengenal bid’ah adalah : 


إذا ترك الرسول صلى الله عليه وسلم فعل العبادة من العبادات مع كون موجب سببها المقتضي لها قائما ثابتا والمانع لها منتفيا فإن فعلها بدعة 

“Jika Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam tidak melakukan suatu ibadah padahal motivasi untuk melakukannya ada, dan penghalangnya tidak ada, maka melakukan ibadah tersebut adalah bid’ah” (Qawa’id Ma’rifatil Bida’ karya Syaikh Muhammad bin Husain Al Jizani, hal. 75).


Ini masuk dalam keumuman hadits :


مَنْ أَحْدَثَ فِى أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ

“Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam urusan kami ini (urusan agama) yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak” (HR. Bukhari no. 2697 dan Muslim no. 1718).


... [ Lanjut di komentar ]


#bidah #bidahsesat #ustadfirandaandirja #ustadzfirandaandirja #belajarngaji #belajarsholat #kajiansunnah #KajianSemangat #dakwahsunnah #aswaja #infobandung #infoindonesia #infojakarta #jakarta #indonesiabertauhid #hukumbersalamansetelahsholat #bersalamansetelahsholat

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments