Search

Daftar dosa yang sering dilakukan oleh anak muda

Baca Juga :

 





Masa muda sangat mudah sekali dipengaruhi dengan pengaruh positif maupun negatif. Begitu besarnya dorongan hati dan rasa penasaran pada seorang pemuda membuat mereka sangat mudah terombang-ambing. Oleh karena itu, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan pengarahan khusus bagi mereka yang menggerakkan dakwah dan bergerak di bidang pendidikan agar mengarahkan pemuda menuju kebaikan dan ketaatan kepada Allah Ta’ala, sehingga tertutup semua pintu keburukan dari mereka karena tersibukkan dengan ketaatan kepada Allah Ta’ala.


Lihat saja, di zaman ini banyak sekali pemuda yang mudah terjerumus ke dalam hal buruk dan berdampak negatif bagi diri dan lingkungannya, semua karena pergaulan, tak pandai memanfaatkan teknologi dalam hal kebaikan, dan kehilangan figur teladan dalam hidupnya. Maka, 11 dosa anak muda yang kami sebutkan dalam konten kali ini begitu kentara dilakukan oleh generasi muda di sekitar kita. Tak menutup kemungkinan, masih banyak jenis dosa lainnya yang belum disebutkan.


Ingatlah, bahwa masa muda merupakan benih yang berharga, bila ia terlanjur tercerai berai dan tersisa-siakan, maka kecil kemungkinannya ia akan kembali bersemi dan membuahkan hasil panen yang baik. Semakin dewasa, yang tersisa hanyalah penyesalan dan kerugian. Oleh karena itu, Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sejak jauh hari sudah memperingatkan umatnya akan hal ini. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara; [1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, [2] Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, [3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, [4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, [5] Hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadis ini dikatakan sahih oleh Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir).


Silakan simak lebih mendalam nasihat untuk para generasi muda lewat artikel kami berikut:

https://remajaislam.com/2468-11-dosa-yang-sering-dilakukan-anak-muda.html


Semoga bermanfaat.

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments