Search

Kenapa arab saudi bisa duluan hari raya, padahal waktu sholat Indonesia lebih dahulu ?

Baca Juga :


 



——

.

Repost @raehanul_bahraen 

——

Saudi Bisa Duluan Hari Raya, Padahal Waktu Shalat Indonesia Lebih Dahulu?


[Rubrik: Faidah Ringkas]


Pada tahun ini, untuk ke sekian kalinya hari raya Idul Adha di negara kita kembali berbeda. Ada yang akan berhari raya pada hari Kamis ada pula yang berhari raya pada hari Rabu. Pemerintah RI sendiri secara resmi telah mengumumkan bahwa Idul Adha 1444H jatuh pada hari Kamis, 29 Juni 2023. Hal ini berbeda dengan Saudi Arabia yang bertepatan dengan Rabu, 28 Juni 2023.


Timbul pertanyaan, mengapa hari raya di Makkah Saudi Arabia bisa lebih dahulu 1 hari dari Indonesia, padahal waktu di Indonesia (WIB) lebih cepat 4 jam, mestinya Indonesia lebih duluan berhari raya beberapa jam sebelumnya sebagaimana Indonesia shalat 5 waktu lebih duluan?


Jawaban sederhananya adalah penentuan awal bulan hijriyah patokannya adalah hilal atau bulan baru, sedangkan waktu shalat harian patokannya adalah matahari. Sehingga dari sini saja mestinya sudah menjawab mengapa alasan “4 jam lebih cepat” kurang tepat untuk dianalogikan dalam masalah penentuan awal bulan hijriyah.


Semakin ke arah barat dan bertambahnya waktu, maka posisi hilal akan semakin tinggi dan semakin mudah terlihat. Posisi Arab Saudi lebih barat dari Indonesia, sehingga pada tanggal yang sama, posisi hilal di sana lebih tinggi dan lebih memungkinkan untuk dilihat. Jadi keliru jika memahami karena Indonesia lebih cepat 4 jam dari Arab Saudi, maka mestinya lebih dulu ber-Idul Adha. (Keterangan Dr. H. Adib, M.A., Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag RI).


Dalam penentuan hari raya Idul Adha tahun ini, Indonesia tak sendiri. Negara-negara Asia Tenggara lainnya yang notabene bertetangga dengan Indonesia seperti Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura juga akan merayakan Idul Adha pada hari yang sama yaitu Kamis, 29 Juni 2023.


BERSAMBUNG :


https://www.instagram.com/p/Ct_jXYKP7_Z/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments