Search

Apakah benar kisah Abdullah bin rawahah dan istrinya ?

Baca Juga :


 


#KISAH_YANG_VIRAL

#TAPI...


Barusan baca kisah yang sedang ramai diperbincangkan di medsos karena pas muncul ada yang nge-share, tapi ada yang janggal... yaitu kisah shahabat mulia Abdullah bin Rawahah dan istrinya رضي الله عنهما, dan benar ada hal yang perlu dikritik secara ilmiyyah. 


Maka inilah sedikit catatan terkait kisah tersebut, ana nukilkan dari 2 ulama hadits zaman ini :


1. Syaikh Al Albani rahimahullah dalam tahqiq (Syarah Aqidah Thahawiyah, hal. 282) beliau menilai bahwa kisah ini dhaif, dan kisah ini diriwayatkan dari banyak jalur yang mursal (tidak bersambung) sebagaimana dinyatakan Ad Dzahabi dalam kitabnya (Al Uluw). 


2. Syaikh DR. Abdul Karim Al Khudhair hafidzahullah -anggota kibar ulama dan lajnah daimah- tentang kisah ini beliau menjawab :


Kisah ini tidak shahih dan tidak valid dari sisi sanadnya, inilah pendapat kebanyakan ulama.

An Nawawi menilai kisah ini dhaif dalam kitabnya (Al Majmu'), Ad Dzahabi dalam kitabnya (Siyar A'lam), Ibnu Hajar dalam kitabnya (Takhrij Al Kassyaf) dan yang lainnya mengatakan sanadnya dhaif dan ada yang terputus.


Adapun ucapan Ibnu Abdil Bar rahimahullah dalam kitabnya (Al Isti'ab) : "Kisahnya Abdullah bin Rawahah bersama istrinya yang mendapati beliau selesai menggauli budaknya adalah kisah yang masyhur, kami meriwayatkannya dari berbagai jalur shahih".


kalau dibilang kisah ini masyhur, na'am kisah ini masyhur, adapun dari sisi kevalidannya maka barangkali Ibnu Abdil Bar tidak menjumpai adanya ulama yang mendhaifkannya.


Kesimpulannya bahwa kisah ini tidak sah dan tidak bisa dijadikan sandaran hukum syar'i, sebatas kisah yang diriwayatkan dari shahabat. karena hukum syar'i tegak dengan dalil yang shahih. 


 ----------

https://shkhudheir.com/fatwa/23870


WaAllahu A'lam.

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments