Search

Hukum memakai baju bergambar yang membuat sholat jamaah tidak khusyuk

Baca Juga :

 




——

📕 Janganlah memakai pakaian yang sekiranya para jamaah shalat tidak khusuk karenanya Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu : ‘Aisyah mempunyai gorden yang dipasang di dinding rumahnya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menyuruh ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma : “Singkirkanlah gorden itu dari kita, karena lukisannya senantiasa membayangiku dalam shalatku”. [HR al-Bukhari, 374]. 


Ibnu Hajar rahimahullah berkata, “Bila kain bergambar yang berada di hadapan orang shalat bisa melalaikannya, maka begitu pula bila gambar tersebut dipakai di baju orang yang sedang shalat. Bahkan, gambar yang dipakai itu lebih melalaikan lagi”. [Fathul-Bari, 10/391]. 

📗 Jenis Hiasan Masjid yang diBenci Syaikh Abdullah bin Abdirahman Alu Basam rahimahullah mengatakan, كراهة تزويق المساجد، ونقشها، والكتابة فيها، لما يجلبه من اشتغال المصلين في النظر إليها. Termasuk hal yang dibenci adalah menghiasi masjid secara berlebihan, membuat ukiran-ukiran di dalamnya, dan membuat kaligrafi di dinding masjid. Sebab, hal tersebut dapat menyibukkan orang yang sedang shalat (membuat tidak khusyuk) ketika memandanginya. (Taisirul Allam hlm. 261)

 @gss_salafushshalih

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments