Search

Kemerdekaan... Sebuah nikmat yang patut disyukuri

Baca Juga :


KEMERDEKAAN ADALAH SEBUAH NIKMAT 

Kemerdekaan bangsa kita dari tangan penjajah merupakan sebuah nikmat dan karunia yang sangat besar. Bukan semata-mata karena kegigihan para pejuang, namun yang paling utama ini adalah pemberian dan anugerah Allah kepada kita. Tanpa pertolongan Allah dan bantuan dari-Nya maka tidak ada kemerdekaan yang bisa kita dapatkan. Sehingga menjadi bangsa yang hidup dalam kemerdekaan adalah nikmat anugerah Allah. Sebuah kenikmatan yang sangat besar bagi kita. 

Bukanlah nikmat apabila dengan kemerdekaan itu kita justru mempersekutukan Allah dan berbuat kerusakan di muka bumi. Sebaliknya, semestinya kita bersyukur kepada Allah.

"Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku." (QS. Al-Baqarah: 152)

Dan perhatikanlah Allah telah menjanjikan balasan bagi orang-orang yang bersyukur.

“Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur” (QS. Ali Imron: 145).

NIKMAT RASA AMAN 

Ibnu Mas’ud berkata,“Termasuk nikmat adalah rasa aman dan sehat” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Katsir).

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Barangsiapa di antara kamu masuk pada waktu pagi dalam keadaan [1] sehat badannya,[2] aman pada keluarganya, dia [3]memiliki makanan pokoknya pada hari itu, maka seolah-olah seluruh dunia dikumpulkan untuknya.” (HR. Ibnu Majah, no: 4141, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani)

Maka sudah selayaknya kita banyak bersyukur karena negara kita aman.

Semoga kita dapat menyalurkan segala nikmat dalam kebaikan, dengan mengakui dalam hati bahwa itu adalah nikmat dari Allah, mengucapkan dengan lisan dengan memuji Allah atas nikmat itu, dan menyalurkan nikmat tersebut dalam ketaatan, bukan dalam maksiat. Jangan lupa juga agar kita banyak-banyak berdoa untuk pemimpin, pemimpin yang bisa membawa negeri ini ke arah yang lebih baik dan masyarakatnya bisa beragama dengan baik.

Semoga bermanfaat.

🌐 almanhaj.or.id, muslim.or.id, muslimah.or.id,al-mubarok.com
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments