Search

Hari Arafah mustajab berdoa

Baca Juga :





HARI ARAFAH, MUSTAJAB BERDOA 

Di luar dari khilafiyah perbedaan menentukan tanggal 9 Dzulhijjah, maka perkenankan kami berbagi...

Disebutkan dalam hadits,
“Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah. Dan sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan “Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli sya-in qodiir." (HR. Tirmidzi)

Kemudian dari ‘Aisyah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim no. 1348)

Ulama berbeda pendapat tentang keutamaan doa pada hari arafah, apakah keutamaan doa ini khusus berlaku untuk jamaah haji ataukah berlaku umum untuk semua kaum muslimin di selurun penjuru dunia? Namun di antara para ulama ada yang mengatakan bahwa semua kaum muslimin bisa mendapatkan keutamaan hari arafah, sementara keutamaan padang arafah, hanya dimiliki oleh para jamaah haji yang sedang wukuf di arafah. Sehingga jika dikaitkan dengan hadits-hadits di atas, disyariatkan untuk berdoa serta bersungguh-sungguh dalam berdoa pada hari Arafah agar sama-sama mendapatkan keutamaan sebagaimana saudara-saudara mereka, para jamaah haji.

Selain mendoakan diri, jangan lupa juga mendoakan kedua orang tua, saudara, kerabat, guru, ustadz, dan kaum muslimin lain. Ingat bahwa orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang tersebut, akan didoakan malaikat mendapatkan yang sama.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa Sallam bersabda, "Doa seorang muslim untuk saudara nya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakan nya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata ‘aamiin dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan’" (HR. Muslim no. 2733)

Doakan kerabat agar mendapat hidayah, dan juga jamaah haji agar hajinya mabrur, karena balasan baginya adalah surga.



Alhikmah
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments