Search

Pemimpin dan amanah

Baca Juga :



JANGAN KHIANATI AMANAT!
.
Kalau memang seseorang dibebankan suatu amanat, janganlah dikhianati. Tunaikanlah amanat tersebut dengan baik. Jika masa tugas belum selesai padahal sudah berjanji dengan bersumpah akan merampungkannya, maka penuhilah janji tersebut.
.
Allah berfirman,
إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا
“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya” (QS. An Nisa’: 58)
.
Jika sudah pernah berjanji pada rakyat untuk menunaikan amanat, maka tunaikanlah,
“Tunaikanlah amanat kepada orang yang menitipkan amanat padamu.” (HR. Abu Daud & At Tirmidzi, hasan shahih)
.
Ketahuilah bahwa orang yang berkhianat terhadap amanat menyandang salah satu sifat munafik. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Tiga tanda munafik adalah jika berkata, ia dusta; jika berjanji, ia mengingkari; dan ketika diberi amanat, maka ia ingkar” (HR. Bukhari & Muslim).
.
Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Hadits ini menerangkan tanda munafik, yang memiliki sifat tersebut berarti serupa dengan munafik atau berperangai seperti kelakuan munafik. Karena yang dimaksud munafik adalah yang ia tampakkan berbeda dengan yang disembunyikan. Pengertian munafik ini terdapat pada orang yang memiliki tanda-tanda tersebut”
.
Abu Dzarr pernah berkata, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau tidak memberiku kekuasaan?” Lalu beliau memegang pundakku dengan tangannya, kemudian bersabda,
“Wahai Abu Dzarr, sesungguhnya engkau adalah orang yang lemah. Kekuasaan itu adalah amanah, dan kekuasaan tersebut pada hari kiamat menjadi kehinaan dan penyesalan, kecuali bagi orang yang mendapatkan kekuasaan tersebut dengan haknya dan melaksanakan kewajibannya pada kekuasaannya itu.” (HR. Muslim).
.
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam memberikan peringatan yang sangat keras bagi para pemimpin yg menyia-nyiakan amanah Allah dlm mengurus rakyatnya, sebagaimana sabdanya:
“Tidak ada seorang hamba pun yang mendapat amanah dari Allah untuk memimpin rakyat, lantas ia meninggal pada hari meninggalnya dimana keadaan mengkhianati rakyatnya kecuali Allah telah mengharamkan atasnya surga” (HR. Bukhari & Muslim)
.
🌐 rumaysho.com, abul-jauzaa.blogspot.co.
Alhikmahjkt
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments