Search

Balasan bagi penolong Agama Allah

Baca Juga :


PERTOLONGAN ALLAH KEPADA YANG MENOLONG AGAMA-NYA

Allah subhanahu wa ta’ala menjadikan pertolongan untuk ummat ini dengan adanya sebab atas suatu tujuan dan hikmah dibaliknya. Diantara sebab yang menjadikan umat ini ditolong oleh Allah subhanahu wa ta’ala adalah dengan menolong dan membela agama Allah dan syariat yang diturunkannya dengan berdakwah atau berjihad dengan cara yang benar untuk melawan orang-orang kafir yang memusuhi agama islam dan kaum muslimin.

Allah berfirman
يَٰأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ إِن تَنصُرُواْ ٱللَّهَ يَنصُركُم وَيُثَبِّت أَقدَامَكُم
“Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad: 7).

Imam Syaukani berkata, “maksudnya adalah kalian membela agama Allah dengan melawan orang-orang kafir, niscaya kalian akan diberi kemenangan”

Syeikh As-Sa’diy berkata, “ini adalah perintah dari Allah subhanahu wa ta’ala kepada orang-orang yang beriman untuk membela Allah dengan melaksanakan agamaNya, berdakwah dan menyebarluaskan ajarannya, serta berjihad di jalanNya, dan itu semua mereka lakukan semata-mata karena ikhlash kepadaNya. Jika mereka melakukan itu maka Ia akan memberikan pertolongan kepada mereka dan memantapkan langkah mereka dengan memberikan ketenangan, ketegaran, dan kesabaran, serta menolong mereka untuk mengalahkan musuh-musuh.

Allah berfirman:
وَلَيَنصُرَنَّ ٱللَّهُ مَن يَنصُرُهُۥٓ إِنَّ ٱللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ
“…Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” (QS. Al-Hajj: 40)

Janji pertolongan dalam ayat ini berasal dari Allah subhanahu wa ta’ala dzat yang maha menepati janji, dan kita wajib untuk meyakininya karena Allah berfirman dalam ayat lain:
وَعدَ ٱللَّهِ حَقّا وَمَن أَصدَقُ مِنَ ٱللَّهِ قِيلا
“..Allah telah membuat suatu janji yang benar. Dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah.” (QS. An-Nisa’: 122).

Siapa saja bisa berjanji bahkan bersumpah, namun belum tentu ia bisa menepatinya karena ia tidak tahu apa akan akan terjadi, tetapi Allah subhanahu wa ta’ala tidaklah demikian, Ia maha berkehendak dan maha mampu untuk menepati janji-janjinya, Allah berfirman:
إِنَّمَا أَمرُهُۥٓ إِذَا أَرَادَ شَي‍ًٔا أَن يَقُولَ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ
“Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka terjadilah ia.” (QS. Yasiin: 82).

Ayat diatas ditutup dengan menyebutkan dua sifat dari sifat-sifat Allah yang mulia yaitu “Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” Jika Allah maha kuat dan perkasa maka tidak mungkin Ia tidak mampu untuk menepati janjinya untuk memberikan pertolongan kepada orang-orang yang membela agamaNya.

Maka dari sini kami simpulkan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala tidak akan menyia-nyiakan hamba yang menolong dan membela agamaNya baik dengan perkataan seperti berdakwah atau dengan perbuatan seperti berjihad jika dilakukan SESUAI TUNTUNAN Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan ikhlas kepada Allah subhanahu wa ta’ala, Allah subhanahu wa ta’ala pasti akan menolongnya cepat ataupun lambat walau mungkin ia akan menghadapi berbagai ujian dan cobaan dalam menjalaninya.

Wallahu a’lam bishowab

🌐 hisbah.net

Alhikmahjkt
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments