Search

Dosa besar : hukum mengkhianati pemimpin

Baca Juga :


MENGKHIANATI PEMIMPIN

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam juga bersabda,
“Bertakwalah pada Allah Rabb kalian, laksanakanlah shalat limat waktu, berpuasalah di bulan Ramadhan, tunaikanlah zakat dari harta kalian, taatilah penguasa yang mengatur urusan kalian, maka kalian akan memasuki surga Rabb kalian.” (HR. Tirmidzi no. 616 dan Ahmad 5: 262. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih, Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini).

Dalam hadits ini Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam menyebutkan ketaatan kepada penguasa digandengan dengan perkara shalat, puasa, zakat sebuah sebab masuknya seseorang ke dalam surga.

Sebagian orang tatkala membaca hadits-hadits yang berkaitan kepada pengusa ia menjadi gelisah dan tidak tenang. Berbeda tatkala ia membaca hadits yang berkaitan tentang shalat, puasa, zakat, maka ia membaca dengan hati yang lapang, tidak merasa terganggu. Oleh karena itu wajib bagi seorang muslim untuk membuang hawa nafsunya, berpegang teguh dengan sunnah Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bukan hanya masalah shalat, puasa, zakat, juga hendaknya dengan masalah penguasa.

Tatkala seseorang keluar dari kaidah yang berkaitan dengan ketaaatan kepada penguasa, akan timbul hal-hal yang buruk, stabilitas keamanan akan hilang, tidak tentram dalam ibadahnya.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam juga bersabda,

"Barangsiapa yang keluar dari jamaah (kaum Muslimin) sejauh sejengkal sekalipun), maka ia telah menanggalkan ikatan Islam dari lehernya" (HR. Al-Hakim)

“Barangsiapa yang tidak suka sesuatu pada pemimpinnya, bersabarlah. Barangsiapa yang keluar dari ketaatan pada pemimpin barang sejengkal, maka ia mati dalam keadaan mati jahiliyah.” (HR. Bukhari no. 7053 dan Muslim no. 1849).

"Mati jahiliyah" di sini bukanlah mati kafir, tapi bermakna orang jahiliyah yang tidak punya pemimpin yang ditaati.

👤 Al-Imam Adz-Dzahabi, Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr, Ust. Firanda Andirja


Alhikmahjkt
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments