Cari Dakwah

Jadilah penuntut ilmu bukan pengadu domba

Baca Juga :


🍁Jadilah Penuntut Ilmu, Bukan Pengadu Domba
.
🍁Bila anda duduk di majlis seorang syaikh/ustadz maka ambillah ilmunya, ambil kesimpulan hukumnya beserta dalil yang menjadi landasannya, kemudian katakan dalam hatimu,
.
🌸 “Ya Allah… Aku meyakini dan mengikuti ucapan si fulan karena di dalamnya ada firman-Mu dan sabda nabi-Mu”. Jangan sekali-kali engkau meyakini kemaksuman gurumu, menganggap bahwa segala ucapan gurumu pasti benar. Jangan lakukan itu, gurumu adalah manusia yang sama sepertimu, bila ia keliru tinggalkan ucapannya dan jaga kehormatannya.
.
🔥Diantara problem penuntut ilmu saat ini adalah apabila ia duduk di salah satu majelis, lalu mendengarkan ilmu di majelis tersebut, diapun lantas pindah ke majelis lain dan mengatakan,
.
💭“Wahai syaikh.! Syaikh/Ustadz fulan mengatakan begini dan begitu, apa pendapatmu.?
Dalam masaalah ini Syaikh/Ustadz fulan menjawab begini dan begitu, apa pendapatmu.? Begini dan begitu, begini dan begitu.
.
🔥Sampai-sampai tak ada ilmu yang melekat dalam ingatannya, barokah ilmupun dicabut darinya. Ia lebih mirip seorang pengadu domba ketimbang penuntut ilmu.
Dahulu para penuntut ilmu tidak mengetahui cara-cara seperti ini, mereka menyadari kapasitas serta kedudukan setiap alim/ustadz. Sehingga mereka tau bagaimana adab terbaik dalam menyikapi beragam pandangan yang muncul diantara para ulama/ustadz.
.
📚(Disarikan dari Majelis Umdatul Fiqh bersama Syaikh Muhammad Muhammad Mukhtar As- Syinqity -hafidzahullah-. Mufti Madinah Al Munawwarah, Pengajar di Masjid Nabawi dan Anggota Tetap Perhimpunan Ulama Besar Kerajaan Saudi Arabia)
.
🌸wallahu a'lam🌸
.
•┈┈┈◎❅❀❦🌸❦❀❅◎┈┈┈•
.
☆Pegang erat sunnah dan gigitlah dengan geraham - Berani syar'i tanpa selfie☆
.
🔊 Disebarkan oleh :
.
📸 instagram : @muslimah.salafy
💻  facebook.com/muslimah.salafyy
📢Telegram : t.me/muslimahsalafyy
📲 Group Line : muslimah.salafy
🌏 sumber : t.me/actelgharantaly
👤Pemateri :  Ustadz Aan Chandra Thalib حفظه الله
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments