Cari Dakwah

Memboking tempat duduk di neraka

Baca Juga :




Hati-Hati Share Hadits
.
Dalam hadits yang shahih, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
“Barangsiapa berdusta atas namaku, maka akan dibangunkan baginya rumah di (neraka) Jahannam.” (HR. Thobroni dalam Mu’jam Al Kabir)
.
Imam Dzahabi juga membawakan hadits, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang berkata atas namaku padahal aku sendiri tidak mengatakannya, maka hendaklah ia mengambil tempat duduknya di neraka.”
.
Dalam hadits lainnya disebutkan pula,
.
“Seorang mukmin memiliki tabiat yang baik kecuali khianat dan dusta.” (HR. Ahmad 5: 252. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini dhoif)
.
Dari ‘Ali, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
“Siapa yang meriwayatkan dariku suatu hadits yang ia menduga bahwa itu dusta, maka dia adalah salah seorang dari dua pendusta (karena meriwayatkannya).” (HR. Muslim dalam muqoddimah kitab shahihnya pada Bab “Wajibnya meriwayatkan dari orang yang tsiqoh -terpercaya-, juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah no. 39. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).
.
Setelah membawakan hadits-hadits di atas, Imam Adz Dzahabi berkata, “Dengan ini menjadi jelas dan teranglah bahwa meriwayatkan hadits maudhu’ -dari perowi pendusta- (hadits palsu) tidaklah dibolehkan.” (Lihat kitab Al Kabair karya Imam Adz Dzahabi, terbitan Maktabah Darul Bayan, cetakan kelima, tahun 1418 H, hal. 28-29).
.
Pembahasan ini bermaksud menunjukkan bahayanya menyampaikan hadits-hadits palsu yang tidak ada asal usulnya sama sekali dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
.
Semoga Allah memberi taufik dan hidayah
.
https://muslim.or.id/21024-bahaya-dusta-atas-nama-nabi.html
.
Website : Dakwahsunnah.com
Fan Page Facebook : Dakwahsunnahdotcom
Youtube : DakwahsunnahDotcom
IG : @dakwahsunnah
Daftar BC Dakwahsunnah :0853-8884-8444

Yuk Donasi Untuk Kepentingan Operasional DakwahSunnah BSM 711-1213-008. An Jalan Hidayah.
Konfirmasi Transfer 0812-5126-2022

Semoga Segala Amal ibadah yang kita lakukan ini diterima Allah.
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments