Search

Mengenal sekte asyariyyah

Baca Juga :





💥Asy'ariyah 💥
.
Adalah madzhab teologi yg disandarkan kepada Imam Abul Hasan al-Asy'ari. Asy'ariyah mengambil dasar keyakinannya dari Kullabiyah, yaitu pemikiran dari Abu Muhammad bin Kullab dalam meyakini sifat-sifat Allah. Kemudian mengedepankan akal (rasional) di atas tekstual ayat (nash) dalam memahami Al-Qur'an & Hadits
.
Seperti yg sudah dimaklumi, sebenarnya madzhab Al Asy’ariyyah yg berkembang sekarang ini, hakikatnya adalah madzhab AL KULLABIYYAH. Abul Hasan Al Asy’ari sendiri telah BERTAUBAT dari pemikiran lamanya, yaitu pemikiran Mu’tazilah. Tujuh sifat yang ditetapkan dalam madzhab Al Asy’ariyyah inipun bukan berdasarkan nash & dalil syar’i, tetapi berdasarkan kecocokannya dengan AKAL & LOGIKA. Jadi, sangat bertentangan dengan prinsip Ahlu Sunnah Wal Jama’ah
.
Kisah taubatnya Abul Hasan Al Asy’ari dari pemikiran Mu’tazilah ini sangat populer. Allah menghendaki keselamatan bagi beliau, dan memperoleh petunjuk kepada madzhab SALAF dalam penetapan sifat-sifat Allah, dengan tanpa ta’wil, tanpa ta’thil, tanpa takyif dan tanpa tamtsil.
.
Beliau pernah berkata:
“Aku melepaskan keyakinan Mu’tazilah dari pemikiranku, seperti halnya aku melepaskan jubah ini dari tubuhku,” kemudian beliau melepas jubah yg dikenakannya.

Ahli sejarah negeri Syam, Al Hafizh Abul Qasim Ali bin Hasan bin Hibatillah bin Asakir Ad Dimasyq (wafat tahun 571) dalam kitab At Tabyin menceritakan peristiwa tersebut.
.
ABUL HASAN AL ASY’ARI SECARA TOTAL MENJADI PENGIKUT MANHAJ SALAF
Namun pengikutnya tidak menyadari, silahkan CEK SENDIRI pernyataan dan kisahnya dalam kitab2 TULISANNYA SENDIRI salah satunya: AL IBANAH FI USHULID DIYANAH .
Kebanyakan orang mengira bahwa madzhab Al Asy’ariyyah itu identik dengan mazhab Ahlu Sunnah Wal Jama’ah. Ini sebuah KEKELIRUAN FATAL.
.
Pendapat yang benar adalah, Al Asy’ariyah termasuk Ahli Kiblat (kaum muslimin), tetapi mereka BUKAN termasuk Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.
Ketika para tokoh dan pembesar Al Asy’ariyyah jatuh dalam kebingungan, mereka keluar dari pemikiran Al Asy’ariyah. Diantaranya adalah Al Juwaini, Ar Razi, Al Ghazzali dan lainnya.
.
almanhaj.or.id/apakah-al-asyariyyah-termasuk-ahlu-sunnah
.
#antibidahclub #alfirqotunajiyah #asyariyah .
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments