Cari Dakwah

Mengenal sekte sufi atau tassawuf

Baca Juga :



💥SHUFIYYAH💥
.
📖 Al Qodhi 'Iyadh رحمه الله berkata;
.
'Abdullah bin Yusuf At-Tinnisi berkata: (Suatu ketika) kami pernah berada di sisi Malik, waktu itu para sahabatnya juga berada di sekitarnya, lalu ada seorang lelaki dari penduduk Nashibin berkata:
"Wahai Abu 'Abdillah, di kalangan kami ada suatu kaum yang dikenal dengan Ash Shufiyah (orang-orang SUFI). Mereka itu makannya banyak. Lalu, selesai makan mereka melantunkan qasidah-qasidah (nyanyian) dan kemudian mereka berdiri dan menari-nari".
.
Maka Imam Malik berkata: "Apakah mereka itu masih balita (anak anak belia)?".
Dia berkata: "Tidak.".
.
Beliau (Imam Malik) berkata: Apakah mereka itu orang-orang gila?.
Dia berkata: "Tidak, justru sebagian mereka itu ada orang-orang yang sudah berumur dan sebagian yang lain berakal (waras).".
.
Imam Malik pun berkata: "Kami tidak pernah mendengar seorang pun dari (orang-orang yang) ahli (dalam urusan agama) Islam yang melakukan perbuatan seperti itu.".
.
Lelaki itu berkata: "Bahkan mereka itu makan-makan kemudian berdiri, lalu menari. Sebagian mereka ada yang memukul kepalanya dan sebagian lain menampar pipinya (sendiri).".
.
Maka tertawalah Imam Malik, lalu beliau pun berdiri dan masuk ke dalam rumahnya.
.
Sahabat-sahabat Imam Malik pun berkata kepada lelaki itu: "Sungguh, kami telah bermajlis bersama beliau selama tiga puluh tahun lebih, tapi kami tidak pernah melihat beliau tertawa (seperti itu) kecuali pada hari ini." (Tartib Al Madarik 2/54)
.
📖 Imam Syâfi’i rahimahullah mengingkari mereka dengan menyatakan:
.
أَسَاسُ التَّصَوَّفِ الْكَسَلُ
.
“Asas tasawuf adalah kemalasan” [al-Hilyah karya Abu Nu’aim al-Ashbahâni 9/136-137].
.
Beliau juga mencela mereka dengan berkata:
.
لاَ يَكُوْنُ الصُّوْفِيُّ صُوْفِياًّ حَـتَّى يَكُوْنُ فِيْهِ أَرْبَعُ خِصَالٍ : كَسُولٌ أَكُوْلٌ شَؤُوْمٌ كثَيْرُ الْفُضُولِ
.
Seseorang tidak akan menjadi Sufi (tulen) kecuali setelah empat perkara ada padanya: sangat malas, banyak makan, sangat pesimis, dan banyak melakukan hal yang tidak perlu”. (Manâqibu asy-Syâfi’i karya al-Baihaqi 2/207).
.
#firqohsesat
#salafittiba
#alfirqotunnajiyah
.

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments