Cari Dakwah

Dalil hadis menutup telinga kuping nabi ketika ada suara musik

Baca Juga :




MENUTUP TELINGA KETIKA MENDENGAR MUSIK


 🎙 Nafi' rahimahullah berkata : 

Pernah Ibnu Umar radhiyallahu anhuma mendengar suara seruling, lalu beliau meletakkan dua jarinya ke kedua telinganya dan menjauh dari jalan. Dan beliau berkata kepadaku : Wahai Nafi' apakah engkau mendengar sesuatu? Aku menjawab : Tidak. Maka beliau mengangkat dua jarinya dari dua telinganya, dan berkata : 

"Dulu aku pernah bersama Nabi shallallahu alaihi wasallam, lalu beliaulah mendengar semisal ini (seruling). Maka beliau melakukan seperti ini."


📝 Rawi : Nafi' Maula Ibni Umar

Muhaddits Al-Albani

Sumber : Shahih Abi Dawud


Kesimpulan hukum hadits : Shahih - سمِعَ ابنُ عمرَ مِزْمارًا ، قال : فوَضَعَ أُصْبُعَيْه على أُذُنَيْه ، ونأَى عن الطريقِ ، وقال لي : يا نافعُ هل تَسْمَعُ شيئًا ؟ قال : فقلتُ : لا . قال : فرَفَعَ أُصْبُعَيْه مِن أُذُنَيْه ، وقال : كنتُ مع النبيِّ صلى الله عليه وسلم ، فسَمِعَ مثلَ هذا ! فصَنَعَ مثلَ هذا. . 📕الراوي: نافع مولى ابن عمر

📕 المحدث: الألباني

📕 المصدر: صحيح أبي داود 📚خلاصة حكم المحدث: صحيح


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sungguh benar-benar akan ada di kalangan umatku sekelompok orang yang menghalalkan zina, sutera, khamr dan alat musik.” (Sahih Al Bukhari volume 7 Book of Drinks Hadith 5590) .


Allah Subhanau Wa Ta’la berfirman dalam Surat Lukman [31] ayat 6: “Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan.” Berdasarkan ayat ini, banyak ahli tafsir, termasuk penafsiran sahabat Ibnu Mas’ud, mengatakan perkataan yang tidak berguna (Lahwal hadits) ini maksudnya adalah nyanyian dan alat musik. .


Terkait larangan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang musik, bisa kita dapatkan dalam beberapa hadits. Jika telah jelas ada larangan dari Rasulullah, maka tidak ada keraguan akan keharamannya. .


 #tauhid #sunnah #musik #haram  #syubhat

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments