Search

Hukum cium atau pamer kemesraan didepan umum walau sudah nikah dalam Islam

Baca Juga :

 



__


📌 PAMER KEMESRAAN~

.

Bermesraan setelah menikah memang sesuatu yang dihalalkan. Tetapi, kita perlu ingat, tidak semua yang halal boleh ditampakkan dan dipamerkan di depan banyak orang.

.

Ada beberapa pertimbangan mengapa tidak perkenankan menyebarkan kemesraan di muka umum.

.

Pertama, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan agar umatnya memiliki sifat malu. Bahkan beliau sebut itu bagian dari konsekuensi iman.

.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Iman itu ada tujuh puluh sekian cabang. Dan rasa malu salah satu cabang dari iman." (HR. Ahmad, no. 9361 & Muslim, no. 161).

.

Adapun bagian dari rasa malu adalah tidak menampakkan perbuatan yang tidak selayaknya dilakukan di depan umum.

.

Kedua, islam juga mengajarkan agar seorang muslim menghindari khawarim al-muru’ah. Apa itu khawarim al-muru’ah? Itu adalah semua perbuatan yang bisa menjatuhkan martabat dan wibawa seseorang.

.

Dan bagian dari menjaga wibawa adalah tidak menampakkan kemesraan di depan umum.

.

Sebagaimana Imam An-Nawawi dalam kitab al-Minhaj menyebutkan beberapa perbuatan yang bisa menurunkan kehormatan dan wibawa manusia, "Mencium istri atau budaknya di depan umum, atau banyak menyampaikan cerita yang memicu tawa pendengar." (al-Minhaj, hlm. 497).

.

Hanya kepada Allah-lah kita memohon taufik dan hidayah.

.

__

.

⚙️ Instagram: @ikhwan.daily

👥 Partner: @akhwat.dailyy @sunnah.muslimah

🚀 Telegram: t.me/ikhwan_daily

📸 #komunitasmengajipengelolakeuangan

🌐 konsultasisyariah.com

.

#ikhwandaily #1minutebooster #oneminutebooster #salingsapa #manhajsalaf #dakwahtauhid #salaf #kajiansunnah #ustadzfarhanabufuraihan #ustadzfirandaandirja #ustadzsyafiqrizabasalamah #ustadzabdulsomad #ustadzadihidayat #ustadzkhalidbasalamah #ustadzbadrusalam #ustadzyazidbinabdulqadirjawas #ustadzmuhammadnuzuldzikri #indonesiabertauhid #ustadzerwanditarmizi #ustadzahmadzainuddinalbanjary #ustadzmaududiabdullah #ustadzsubhanbawazier #shift #beraniberhijrah #pemudahijrah #indovidgram #kajiansalaf #kajiansunnah #dakwahvidgram #aswaja

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments