Cari Dakwah

Kesyirikan dalam sumpah Pramuka tri satya

Baca Juga :

 



__


Kesyirikan Dalam Sumpah Pramuka Tri Satya


Dalam sumpah pramuka Tri Satya, redaksi awal sumpahnya, "Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh..." Pada awal kata sumpah ini terdapat sesuatu yang bisa merusak aqidah. Bersumpah dengan kehormatan diri, yakni "Demi kehormatanku" ini adalah kesyirikan.


Syirik semacam ini bisa syirik kecil jika dalam sumpahnya itu tidak dimaksudkan sebagai pengagungan dirinya sendiri sebagaimana pengagungan kepada Allah dan bisa syirik besar jika disertai unsur pentazhiman atas dirinya sendiri. Hal ini sebagaimana telah dielaskan banyak Ulama, diantaranya bisa dilihat pada Faidhul Qadir VI:120, Rawdhatuh Thalibin XI:6, Fatawa Nur ‘Ala Darb Li Syaikh bin Baaz IV:72, dan lain-lain.


Dalam Kitab Badaa’i-‘ush Shana’i disebutkan: "Dan sumpah itu termasuk ibadah dari sekian jenis banyak peribadatan yang tidak boleh dipalingkan selain kepada Allah". (Badaa’i-‘ush Shana’I III:2)


Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang bersumpah dengan selain nama Allah, maka dia telah melakukan kesyirikan". [HR. Abu Dawud 3251, Turmudzi 1535. Kata Syaikh bin Baaz rahimahullah dalam Majmu’ Fatawa-nya III:144, shahih. Kata Al Albani rahimahullah dalam Al Irwa’ 2561, shahih]


Hadits diatas menunjukkan kufur dan syiriknya bersumpah dengan apapun selain nama Allah. Dan pengertian selain Allah itu mencakup sumpah atas nama Malaikat, para Nabi atau Rasul alaihis shalawatu wa sallam, Ka'bah atau apapun dan siapapun makhluk Allah.


Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Jibrin rahimahullah saat menerangkan hadits larangan bersumpah selain nama Allah, maka beliau mengatakan: "Dan ini umum mencakup sumpah atas nama para Nabi, Malaika, orang shalih dan seluruh makhluk lainnya". (Al-Lu’lu Al-Makiin min Fatawa Ibnu Jibrin hal.32)


📝 Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

https://dakwahmanhajsalaf.com/2021/05/kesyirikan-dalam-sumpah-pramuka-tri-satya.html


____

Instagram: @salafimengaji

http://Instagram.com/salafimengaji

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1

Grup WA: http://wa.me/6289665842579

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments