Cari Dakwah

Hukum menyiram air kembang ke kuburan dalam Islam

Baca Juga :

 

__


SEMOBIL TANGKIPUN KITA TUMPAHKAH KE KUBURAN TIDAK MEMBERI MANFAAT KE PENGHUNI KUBUR


Bismillahirrahmanirrahim.....


  Sebagai umat Islam, hendaknya kita membedakan antara kuburan dengan alam kubur, supaya tahu apa yang bisa dilakukan untuk kuburan dan alam kubur. Kuburan adalah tempat penyembunyian jazad manusia yang telah mati, sedangkan alam kubur adalah tempat penyimpanan roh manusia setelah mati,agar tidak baunya tidak mengganggu atau tidak diganggu oleh orang hidup. Kuburan ada di alam nyata, sedangkan alam kubur berada di alam gaib. 

  Yang wajib dilakukan terhadap kuburan adalah menutupnya dengan rapat dan menghormatinya dengan tidak memakai sepatu atau sandal saat memasukinya areanya dan tidak duduk di atasnya. Yang diharamkan adalah mengagungkan atau mengkeramatkan kuburan, menjadikan tempat melakukan suatu ibadah dan berburu berkah padanya.

 Yang disyariatkan terhadap penduduk alam kubur adalah mendoakannya, membayarkan utang atau nazarnya, memenuhi wasiatnya, bersedekah atas namanya. Yang diharamkan adalah meminta berkah padanya, bernazar dan membayar nazar padanya, menyembeli hewan untuknya. Meminta petunjuk atau pertolongan padanya.

 Adapun siram air saat ziarah kubur, itu tidak bermanfaat pada kuburan ataupun penghuni alam kubur. Mereka yang haus dan kepanasan di alam kubur tidak akan menjadi segar atau sejuk dengan siraman air kita, apalagi airnya cuma sekitar yang tidak sampai membasahi jazadnya. Siram air mungkin hanya bisa bermanfaat saat proses penguburan dengan kondisi tanah berdebu dengan angin kencang, maka supaya debu tidak mengganggu orang-orang menguburkan maka tanah disekitarnya bisa disiram hingga tidak berdebu lain.

 Ziarah kubur itu adalah sunnah yang pelaksanaannya sederhana dan cepat, yaitu cukup berdiri menghadap kiblat lalu mendoakannya dan tidak perlu duduk lama-lama, apalagi sampai suatu amalan yang tidak disyariatkan di kuburan. Jadi sunnahnya ziarah kubur bisa menjadi bid'ah dan syirik tergantung dari niat dan apa yang kita lakukan di kuburan tersebut...


Hanya Allah Ta'ala memberikan Taufik dan Hidayahnya,..dan menjauhkan kita dari dosa..


Wallahu a'lam Bisshawab

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments