Cari Dakwah

Hukum wanita naik gunung dalam Islam

Baca Juga :

 




__


Bolehkah Perempuan Mendaki Gunung?


Pertanyaan:

Izin bertanya apakah boleh seorang wanita muslimah bepergian seperti mendaki gunung?


(Ditanyakan oleh Sahabat BiAS via Sosmed)


Jawaban:

Syaikh Sholeh Al Fauzan telah ditanya tentang wanita yang bepergian tanpa ditemani mahramnya. Beliau menjawab : “Wanita dilarang bepergian kecuali apabila ditemani oleh mahramnya yang menjaganya dari gangguan orang-orang jahat dan orang-orang fasik. Telah diriwayatkan hadits-hadits shahih yang melarang wanita bepergian tanpa mahram, di antaranya yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar rodhiyallahu `anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya,’Tidak diperbolehkan bagi wanita untuk bepergian selama tiga hari kecuali bersama mahromnya.’.”


Diriwayatkan dari Abu Sa’id rodiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam melarang wanita untuk bepergian sejauh perjalanan dua hari atau dua malam kecuali bersama suami atau mahramnya.


Diriwayatkan pula dari Abu Hurairah rodhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya,


“Tidak halal bagi wanita untuk bepergian sejauh perjalanan sehari semalam kecuali bersama mahromnya.” (Muttafaqun ‘alaihi)


[Silahkan lihat Fatwa-fatwa tentang wanita, jilid ke-3]


Jadi, selagi naik gunung tersebut berada pada tempat yang dibutuhkan safar untuk menuju ke sana, tidak diperbolehkan bagi wanita untuk menempuhnya tanpa disertai mahram, jika ia lakukan maka ia telah berbuat maksiat dan menyelisihi aturan syariat. Taruhlah semisal tempat naik gunung juga berada di tempat yang tidak jauh, tidak butuh safar, namun umumnya gunung adalah tempat di mana ada banyak kemungkinan bahaya bisa didapati, entah adanya binatang buas yang mungkin muncul, atau keberadaan orang fasik yang ingin mencelakai wanita, atau bahaya lain, dengan demikian mahram tetap dibutuhkan. Wallahu a’lam.


Dijawab dengan ringkas oleh:

Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله

Kamis, 29 Shafar 1443 H/ 7 Oktober 2021 M


#pendakiindonesia #pendakiwanita #pendakigunung #mendaki #mendakigunung #pendaki #pendakiperempuan #pendakian #pendakihijabers #wanita #perempuan #akhawat #bimbingan_islam #bimbinganislam

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments