Cari Dakwah

Prank pak Yana yang hilang di cadas Pangeran ditemukan di Cirebon, masih percaya dukun mbah Mijan?

Baca Juga :

 


• • • • •

kita harus berterima kasih pada pak yana , sebab beliau nge prank 3 dunia:

1. dunia nyata

2. dunia ghaib

3. dunia maya

😂😂


hikmah nya yg bisa di ambil yaitu : membongkar kedustaan dukun yg hadir dalam pencarian , sampai ada yg drama kesurupan dan sebagainya dan dugaan dukun semuanya salah 😂 ini bukti bahwa dukun orang sesat lagi pendusta ,semua dugaan nya salah 

 ×

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:


هَلْ اُنَبِّئُكُمْ عَلٰى مَنْ تَنَزَّلُ الشَّيٰـطِيْنُ ۗ تَنَزَّلُ عَلٰى كُلِّ اَفَّا كٍ اَثِيْمٍ ۙ يُّلْقُوْنَ السَّمْعَ وَاَ كْثَرُهُمْ كٰذِبُوْنَ ۗ 


"Maukah Aku beritakan kepadamu, kepada siapa setan-setan itu turun ?. Mereka (setan) turun kepada setiap pendusta yang banyak berdosa. Mereka menyampaikan hasil pendengaran mereka, sedangkan kebanyakan mereka orang-orang pendusta". (QS. Asy-Syu'ara': 221-223)


Ibnu Katsir rahimahullah saat menjelaskan maksud tiap pendusta lagi banyak dosa pada ayat diatas, maka beliau mengatakan:


فهذا هو الذي تنزل عليه الشياطين كالكهان وما جرى مجراهم من الكذبة الفسقة ، فإن الشياطين أيضا كذبة فسقة


"Yaitu, para dukun dan orang yang semisal dengan mereka tukang dusta lagi pendurhaka. Mereka sealiran dengan setan, karena setan juga tukang dusta lagi pendurhaka". (Tafsir Ibni Katsir X:383)


Karena itu tidak heran jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengancam kepada ummatnya yang sekedar bertanya kepada dukun tentang perkara ghaib, walau misal ia tidak mempercayai dukun tersebut dengan bersabda:

مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَيْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً


"Barangsiapa mendatangi peramal atau dukun, lalu menanyakan kepadanya tentang sesuatu, maka tidak diterima shalatnya selama 40 hari". [HR. Muslim no.2230]


Bahkan jika ia sampai mempercayai perkataan dukun tersebut, hukumnya bisa kafir, sebagaimana sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam:


مَنْ أَتَى كَاهِناً أَوْ عَرَّافاً فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ


"Barangsiapa yang mendatangi peramal atau dukun, lalu ia membenarkannya, maka ia berarti telah kufur pada Al-Quran yang telah diturunkan pada Muhammad"._ [HR. Turmudzi no.135, Abu Dawud no.3904).

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments

Langganan artikel islami gratis, isi email anda:

Delivered by FeedBurner