Cari Dakwah

Hukum menabuh beduk untuk panggilan sholat, apakah bidah?

Baca Juga :

 





Dinegeri kita, sebelum adzan dikumandangkan biasanya mu’adzin terlebih dahulu memukul bedug atau kentongan beberapa pukulan, padahal sebagaimana dimaklumi bersama beduk adalah alat musik dan senda gurau.


Lantas pantaskan alat tersebut digunakan untuk memanggil manusia untuk shalat?! Lantas apakah perbedaannya dengan lonceng atau terompet yang ditolak oleh Rasulullah, karena hal itu adalah tradisi Yahudi dan Nashoro?!


Tidak ragu lagi bahwa penggunaan bedug sebelum adzan termasuk kemungkaran dan kebid’ahan dalam agama. Maka hendaknya dicukupkan dengan adzan aja tanpa tambahan. Wahai kaum muslimin, marilah kita beragama berdasarkan tuntunan agama, bukan dengan adat istiadat yang tidak ada dalilnya. (Lihat Al-Burhanul Mubin fi Tashoddi lil Bida’ wal Abathil: 1/294 oleh Al-Asyrof bin Ibrohim)


Bahkan bedug ini, konon di awal kelahiran bersinggungan dengan budaya Cina karena yang paling banyak menggunakan bedug adalah mereka terutama di kuil-kuil agama budha di daratan cina, hampir semuanya di penuhi dengan bedug, maka jelas tidak dapat diidentikkan dengan bagian budaya Islam.


Sehingga, bedug dapat dipahami merupakan bentuk asimilasi budaya terhadap Islam dan tidak bisa dikatakan sebagai ciri Islam apalagi termasuk ajaran islam bahkan bisa di katakana bahwa bedug adalah bentuk tasyabbuh dengan kaum kuffar karena merupakan kehususan mereka, sekalipun banyak masjid dijumpai memiliki instrumen pukul ini.


Wahai kaum muslimin, marilah kita beragama berdasarkan tuntunan agama, bukan dengan adat istiadat yang tidak ada dalilnya.


Instagram: @salafimengaji

http://Instagram.com/salafimengaji

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1

Gabung Grup WA: wa.me/6289665842579

Web: http://dakwahmanhajsalaf.com

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments