Cari Dakwah

Haruriyah khawarij terpecah menjadi 12 kelompok

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 





Haruriyah (Khawarij) terpecah menjadi 12 kelompok:


1. Azraqiyyah. Mereka mengatakan: “Kami tidak tahu ada seorang pun yang beriman.” Mereka mengkafirkan seluruh ahlul kiblat (kaum muslimin), terkecuali yang mau mengikuti ajaran mereka.


2. Ibadhiyah. Mereka menyatakan: “Barangsiapa yang bersedia mengikuti ajaran kami, berarti dia beriman; dan barangsiapa yang berpaling darinya (ajaran kami), berarti dia munafik."


> 3. Tsa'labiyah. Mereka mengutarakan: “Tidaklah Allah menetapkan atau menakdirkan sesuatu pun."


> 4. Hazimiyah. Mereka berkata: “Kami tidak tahu apakah itu iman, dan kami berkeyakinan bahwasanya semua makhluk akan dimaafkan atas segala kesalahannya.”


5. Khalafiyah. Mereka berkeyakinan bahwa barangsiapa yang meninggalkan jihad, laki-laki atau perempuan, maka dia telah kafir.


6. Mukarramiyah. Mereka menegaskan: “Tidak boleh seorang pun menyentuh orang lain, karena dia tidak tahu mana yang suci dan yang najis. Dan dia tidak boleh makan bersamanya, hingga dia bertaubat dan mandi.”


7. Kanziyah. Mereka mengungkapkan: “Tidak patut bagi seorang pun memberikan hartanya kepada siapa pun, karena boleh jadi yang diberi itu tidak berhak diberi. Bahkan, dia harus menimbun hartanya di dalam tanah hingga ahlul haq (para pengusung kebenaran) menang dan berkuasa."


8. Syamrakhiyah. Mereka berkata: “Tidaklah mengapa seorang laki-laki menyentuh seorang wanita yang dia bukan mahramnya, sebab kaum wanita tersebut ibarat tumbuh-tumbuhan yang berbau harum."


9. Akhnasiyah. Mereka mengatakan: “Orang yang mati tidak akan memperoleh kebaikan maupun keburukan setelah kematiannya."


10. Muhakkimiyah. Mereka berkata: “Barangsiapa yang berhakim kepada makhluk, maka dia telah kafir.”


" 11. Muktazilah Haruriyah. Mereka menyatakan: “Kami tidak tahu pasti tentang perselisihan antara Ali dengan Mu'awiyah; karena itu, kami berlepas diri dari kedua kelompok yang mengikuti keduanya.”


> 12. Maimuniyah. Mereka berkata: “Tidak ada pemimpin yang sah kecuali dengan keridhaan orang-orang yang - kami cintai.”


📚Talbis Iblis

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments