Search

Klarifikasi penjelasan Ustad Mizan Qudsiah tentang makam keramat Tain Acong Lombok, beserta video full tanpa dipotong

Baca Juga :

 




Link video Ustadz Mizan Qudsiah yang dipotong (Mulai menit 30:40)


https://www.youtube.com/watch?v=o9b8fzcTa_4


Dalam video ini beliau membahas hadits:


“Tidak boleh mengadakan perjalanan/safar kecuali menuju ke ketiga masjid: Masjidil Haram, Masjid Rasul shallallahu alaihi wasallam, dan Masjidil Aqsha” (HR. Bukhari dan Muslim).



Hadits ini melarang mengkhususkan safar dalam rangka ibadah ke suatu tempat, baik masjid atau kuburan, kecuali tiga tempat tersebut di dalam hadits.


Kemudian, beliau memberi contoh fenomena masyarakat yang mengkhususkan safar ziarah ke makam, salah satunya beliau menyebut nama "Kuburan Tain Acong" (Menit 31:00).


Pada sekitar pemberian contoh inilah video ceramah beliau dipotong berdurasi 19 detik dan berhasil viral sehingga membuat orang tersinggung (menurut sumber berita).


Nama kuburan inilah yang dipermasalahkan bagi orang yang tersinggung karena Tain Acong artinya Tai Anjing. Mereka pikir beliau ngatain kuburan ulama mereka sebagai kuburan tai anjing.


Namun, dalam ceramah beliau juga berkata, "Ada makam keramat Tain Acong" (Menit 31:15). Jadi, di sini beliau bukan maksud menghina, tetapi sepengetahuan beliau ada nama makam Tain Acong.


Selain itu, beliau mengetahui nama makam itu juga karena Tuan Guru Mahsun ada menyebut demikian (Menit 31:11).


Jadi, sekarang masalahnya di mana? Masalahnya ada di otak mereka yang dangkal sekali memahami ceramah beliau dan hati mereka pada dasarnya diselimuti kebencian saat mendengar ceramah beliau. Bukan kebenaran yang mereka cari dari melihat ceramah tersebut, melainkan kesalahan.


Sekarang tinggal bertanya saja:

- Makam Tain Acong ini ada gak?

- Apakah penamaan Tain Acong ini ada merujuk kepada ulama terhormat?


Kalau ada makam ulama terhormat lalu sampe dinamakan Makam Tain Acong karena ada background storynya yang sudah melegenda, maka ini gak perlu dipermasalahkan.


Namun, kalau gak ada background storynya lalu secara spontan disebut makam ulama itu makam tain acong, maka ini sah saja dipermasalahkan.

Untuk melihat hal ini, ada sebuah ceramah dari Ustadz Abu Usamah yang menceritakan kisah asal usul Makam Tain Asong, atau beliau menyebutnya "tain basong." Asong atau Basong itu kata yang sama, yang artinya anjing.


Entahlah, apakah kisah itu benar atau tidak, wallahua'lam. Kisah yang beliau sampaikan bisa dilihat di link berikut: https://t.co/K4NlrWQprT



Sumber ibnurifki



Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments