Cari Dakwah

Kenapa bisa muncul rasa iri dan Hasad?

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 




📌 MENGAPA ADA HASAD?~

.

Allah Ta’ala berfirman: “Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

(QS. An-Nisa: 32)

.

Hasad adalah penyakit hati yang sangat parah dan racun yang amat mematikan. Hasad kerap kali menggiring seseorang pada tindak kezhaliman bahkan kesyirikan, wal ‘iyyadzubillah. Contoh dampak hasad adalah ‘ain, praktik guna-guna, ghibah, dan lain-lain.

.

Ibnul Muqaffa rahimahullah berkata: “ Jika anda ingin dijauhkan dari keburukan dan azab maka jauhilah hasad karena ia termasuk akhlak yang tercela.”

(Adabu Ash Shaghir Wal Kabir, hal. 144)

.

Bisa saja nikmat Allah yang dianugerahkan atas orang yang hasad lebih banyak dibandingkan dengan nikmat yang ada pada temannya yang di-hasad-kan. Namun seringnya, hasad muncul karena adanya rasa benci, tidak ingin tersaingi, atau kurang bersyukur.

.

Hasad sungguh tak berguna karena tidak dapat mengubah takdir. Malah hasad dapat menyengsarakan hati, melahap kebaikan, melalaikan dari doa, meremehkan nikmat yang ada, menyuburkan akhlak tercela, bahkan dapat mendatangkan kerugian di akhirat. Wal ‘iyyadzubillah.

.

Namun, syari’at Islam memberikan obat terapi untuk penyakit ini. Di antara terapinya adalah:

1. Mempelajari ilmu agama

2. Melakukan amal yang bermanfaat

3. Mencermati hal-hal yang menyebabkan hasad

4. Memohon nikmat yang lebih baik kepada Allah

5. Banyak mengingat kematian. Isi hati dengan ikhlas, sabar, dan syukur

.

Jika kita merasa hasad akan muncul dalam hati, tepislah sesegera mungkin. Semoga kita dimampukan untuk menjaga hati dengan baik. Allahul musta’an.

.

Dan jangan lupa aktifkan notifikasi kiriman

.

🎬 @ikhwan.daily

🎞 #kemenkeu #kemenkeuri

📚 Ensiklopedi Akhlak Salaf

.


Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments