Cari Dakwah

Meninjau hadist kisah Nabi Muhammad dengan pengemis yahudi yang buta

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 





••

Hadits Laa Ashla Lahu (Tidak Ada Asal)

------------

Kisah ini tersebar bagitu saja dimimbar mimbar dakwah dan di situs-situs Internet tanpa menyebutkan Asal kisah tersebut.


Kami telah berusaha mencari kisah tersebut Namun kami tidak menemukannya dalam kitab-kitab Hadits bersanad baik yang Shahih maupun yang Dha'if.


Beberapa Asatidz ada menyebutkan bahwa kisah tersebut termaktub dalam kitab Hayatul Shahabah, Karya tulis Muhammad Yusuf Al-Kandahlawiy.


Namun setelah kami tinjau kami tidak menemukannya dalam kitab tersebut.


📌 Dengan tidak adanya Sanad riwayat kisah ini maka sudah cukup untuk mengatakan kisah ini PALSU.


Ditinjau dari matan, matan kisah ini menyelisihi hadits yang Shahih.


•Yang mana ada seorang Yahudi yang melecehkan wanita muslimah di sebuah pasar Madinah, dengan segera Rasulullah mengirim pasukan dan menghukum Yahudi yang melakukan pelecehan kepada wanita tersebut.


Maka suatu perkara yang janggal, justru Abu Bakar malah datang kepada Yahudi yang mencaci maki Rasulullah untuk menyantuninya.


Kalau shahabat marah hanya karena suatu kata-kata yang tidak senonoh yang ditujukan kepada seorang muslimah bagaimana mungkin membiarkan Yahudi mencaci maki dan menghujat Nabi?


Lalu kisah diatas terjadi di Madinah, yang mana kaum Muslimin dalam posisi kuat, maka tidak mungkin  kaum Muslimin membiarkan penghinaan seperti itu, apalagi Yahudi ketika itu dalam kondisi lemah dan hina dina.


📌 Untuk itu janganlah menyebarkan kisah ini kecuali untuk menjelaskan kepalsuannya. Dan bagi mereka yang tetap menyebarkannya dengan alasan untuk mengambil pelajaran didalamnya, Ingatlah Hadits Shahih Berikut:


📌 Dari Al Mughirah, ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


“Sesungguhnya berdusta atas namaku tidaklah sama dengan berdusta pada selainku. Barangsiapa yang berdusta atas namaku secara sengaja, maka hendaklah dia menempati tempat duduknya di neraka.”


📚 (HR. Bukhari no. 1291 dan Muslim no. 4)


Allahu'alam

----------

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments