Cari Dakwah

Salafy dengan wahabi itu berbeda

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 



Reposted from ittibarasul | Manhaj Salaf] 

Tanya: Mengapa banyak sekali yg mengatakan "Salafy itu wahabi" sebenarnya wahabi itu apa ustadz?


Jawab: Salafy adalah orang yang mengikuti cara beragama Salaf baik dalam aqidah, ibadah, akhlaq, muamalah, jihad, amar ma'ruf nahi munkar, serta al-wala' wal baro'. Salaf adalah ringkasan dari kata Salafussholih yaitu para pendahulu yang sholih dari kalangan shohabat Nabi, tabiin, tabiit tabiin. 


Ketiga generasi ini yang telah Allah puji keimanan mereka di dalam Al-Qur'an dan juga dipuji oleh Rosulullah ﷺ di dalam As-Sunnah, dan kaum muslimin diperintah mengikuti jalan mereka karena keislaman mereka yang paling murni dan paling bersih dari berbagai macam polusi pemikiran. Ringkasnya, Salafy adalah orang yang mengikuti para Salaf dalam berislam. 


Salafy bukan organisasi, bukan kelompok yang di dalamnya ada anggota dan ketua, bukan pula orang yang menisbatkan dirinya kepada Syaikh tertentu, Ustadz tertentu, ataupun harokah (pergerakan) tertentu di dalam beragama. 


Adapun Wahabi adalah stigma negatif yang tidak bertanggung jawab agar manusia lari dari dakwah tauhid dan sunnah. Mereka berang apabila kebiasaan masyarakat yang sangat kental dengan tradisi syirik dan bid'ah yang sudah mendarah daging itu dikritik. Umat Islam dilarang kritis dan dikukuhkan status kebodohannya. Padahal mengamalkan tauhid dan sunnah adalah penopang utama bagi kekuatan iman mereka.


Apabila label Wahhabi itu dinisbatkan kepada Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab, maka sesungguhnya beliau juga salah seorang Ulama Ahlussunnah yang mengikuti para Salaf. Beliau tidak pernah membuat madzhab baru seperti yang dituduhkan, beliau hanya mengajak manusia kepada kemurnian tauhid dan pengamalan sunnah Nabi ﷺ yang mulia. Jika mau berlaku adil, silakan Anda baca karya-karya beliau yang sudah banyak dicetak dan tersebar luas.


Oleh Ustadz Fikri Abul Hasan

Instagram: ittibarasul | Manhaj Salaf]

http://Instagram.com/ittibarasul1

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf1

Grup WA: http://wa.me/6289665842579


#ittibarasul_wahabi #ustadzyazidbinabdulqadirjawas #ustadzabdulhakimbinamirabdat #ustadzfirandaandirja #firandaandirja #ustadzsyafiqrizabasalamah 

#khalidbasalamah

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments