Cari Dakwah

Hukum baca doa pagi sore pada al matsurat hasan al bana

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 



Bismillah


Pertanyaan:


بسم الله الرحمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Ustadz, contoh perbuatan bid’ah itu apa saja? Contoh konkritnya seperti apa?


Do’a pagi sore pada al-mat’surat apakah boleh kita baca. Dan doa pagi sore yang sesuai tuntunan Nabi yang mana. Agar tidak salah membaca doa pagi sore.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته 


شُكْرًا ​جَزَاك اللَّهُ خَيْرًا


Ditanyakan oleh Sahabat BiAS T05 G-41


Jawaban :


Contoh perbuatan bid’ah adalah setiap ritual yang diada-adakan dan diklaim sebagai sebuah ajaran agama, padahal aslinya ia bukan ajaran agama karena tidak memiliki landasan dalil akan pensyariatannya seperti peringatan kematian 100 hari, 1000 hari dan lain-lain.


Adapun Al-Ma’tsurat tidak boleh dibaca karena ia memuat banyak sekali hadits-hadits yang palsu dan lemah. Sebagai gantinya bisa kita baca buku Dzikir Pagi Dan Petang karya Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawwaz -Hafidzahullah yang mencukupkan diri dengan dzikir-dzikir yang shahih dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.


Berkaitan dengan masalah bid’ah ini, secara lebih jelas dan teliti lagi Imam Asy-Syatibi mendefinisikan makna bid’ah sebagai berikut :


فَالْبِدْعَةُ إِذَنْ عِبَارَةٌ عَنْ: طَرِيقَةٍ فِي الدِّينِ مُخْتَرَعَةٍ، تُضَاهِي الشَّرْعِيَّةَ يُقْصَدُ بِالسُّلُوكِ عَلَيْهَا الْمُبَالَغَةُ فِي التَّعَبُّدِ لِلَّهِ سُبْحَانَهُ.


“Metode di dalam meniti kehidupan beragama, dan metode ini merupakan sesuatu yang diada-adakan serta menyerupai syariat, ia dilaksanakan dengan maksud berlebih-lebihan di dalam beribadah kepada Allah.” (Al-I’tisham : 1/50).


Baca selengkapnya: https://bimbinganislam.com/contoh-konkrit-bid-ah-dan-dzikir-pagi-sore/

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments