Search

Doa setelah selesai membaca Alquran sesuai Sunnah lafadz dan artinya

Baca Juga :

 



بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم


 DO'A KETIKA SELESAI MEMBACA AL QUR'AN


Hadits berikut, dari Aisyah radhiallahu ‘anha, ia berkata:


“Tidaklah Nabi duduk di majelis tidak pula membaca Quran dan tidak pula shalat kecuali menutupnya dengan kalimat-kalimat tersebut. Aku berkata: “Wahai Rasulullah, aku melihatmu tidaklah duduk di suatu majelis, tidak juga (setelah) membaca Quran dan tidak juga shalat kecuali engkau tutup dengan kalimat tersebut ?”


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Ya, barangsiapa yang berkata baik akan ditutup dengan stempel kebaikan dan siapa yang berkata buruk akan menjadi penghapus dosanya. (Dzikir penutup tersebut termasuk setelah membaca Al-Quran, -pent) yaitu "Subhanakallahumma wa bihamdika laa ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik." (Artinya Maha Suci Engkau dan Maha Terpuji Enkau, Tiada ilah yang pantas diibadahi dengan benar selain Engkau, Aku meminta ampunan pada-Mu, dan bertaubat pada-Mu). 

[HR. Nasa’i dalam as Sunan al Kubra 10.067, Thabrani dalam ad Du’a 1912, as Sam’aani dalam Aaadaabul Imlaa wal Istimlaa hal.75 dan lain-lain dengan sedikit perbedaan redaksi]


Kata al Hafizh rahimahullah dalam an Nukat [II:733]: "Sanadnya shahih“, kata Al Albani rahimahullah dalam as Shahihah [93164]: “Sanadnya shahih atas syarat Muslim“, kata Syaikkh Muqbil rahimahullah dalam al Jaami’ as Shahiiih Mimaa Laysa fis Shahihaini [II:128]: “Hadist ini shahih“.


Kesimpulannya, disunnahkan setiap kali selesai membaca Al-Quran membaca:


سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، لاَ إِلَهَ 

إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ


Adapun membaca "Shadaqallahul Azhim" setiap kali selesai membaca Al-Quran adalah tidak terdapat dalilnya.


Oleh ustadz Berik said hafidzhahullah


@dakwahsunnah.ig

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments