Cari Dakwah

Ciri ciri pengajian agama yang benar menurut Al-Qur'an dan sunnah

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 



Bismillah..


🎙CIRI2² PENGAJIAN YANG BENAR 🎯


Berikut ini adalah ciri-dari pengajian yang benar :


✔️ Pengajian yang benar harus punya rujukan yaitu Al-Qurʼan dan Hadits Shahih.


✔️ Al-Qur’an dan Hadits tersebut harus dipahami sesuai pemahaman salafus shalih atau generasi pertama dan terbaik umat Islam yang sudah dijamin surga oleh Allah dalam Al-Qurʼan yakni para Sahabat. Bukan dipahami oleh pemahaman diri kita sendiri/ustadz/kyai tanpa mengurangi rasa hormat kita kepada mereka.


✔️ Jika berbicara soal hadits maka haditsnya harus shahih bukan hadits yang lemah (dha’if) atau palsu (maudhu’).


✔️ Pengajian yang benar tidak mengajarkan jamaah fanatik kepada kelompok/organisasi/madzhab tertentu. Tetapi mengarahkan umat kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul-Nya (Sunnah).


✔️ Pengajian yang benar, jika terdapat kekeliruan dan kesalahan maka ia akan rujuk kepada kebenaran dan meninggalkan kekeliruan/kesalahannya bukan ngotot, bukan marah-marah, bukan maksa dan bukan menyerang balik.


✔️ Jika terdapat perselisihan/perbedaan pendapat maka akan dikembalikan kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul-Nya (Sunnah). Bukan menyebarkan syubhat, bukan membuat pendapat baru dan bukan kembali kepada akal/tradisi.


✔️ Pengajian yang benar tidak ada beban, misal : “Tidak mewajibkan memakai baju khusus tertentu dan tidak melakukan pengajian secara sembunyi-sembunyi.”


✔️ Pengajian yang benar menjunjung tinggi akhlak yang mulia dengan tetap mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran sesuai dengan Sunnah (tuntunan Nabi) shallallahu ‘alaihi wa sallam.


✍🏻 Catatan : Sedangkan ciri-ciri pengajian yang tidak benar adalah kebalikan dari poin-poin tersebut diatas.


📌 Semoga bermanfaat, Barakallahufikum


🔽➖➖➖🔽➖➖➖🔽


🌐 Sumber : Dinukil dari Kajian Ustadz Nuzul Dzikri hafizhahullah

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments