Cari Dakwah

Hukum gratifikasi dalam Islam

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

 






 
——
Hukum Gratifikasi dalam Islam

Pertanyaan:
Baru-baru suami ditawari uang terima kasih, karena sudah merekomendasikan satu alat. Jadi suami kerja di lab, ada alat yang perlu dibeli dan disuruh mencari oleh perusahaannya,setelah mencari ada 2 pilihan dan suami ditanya oleh perusahaan tempat dia bekerja untuk memilih yang mana? Dan suami pun menentukan pilihannya karena sudah enak komunikasinya,dan perusahaan yang suami pilih menghubungi ingin memberikan ucapan terima kasih, bagaimana menurut ustadz?

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS via Instagram Bimbingan Islam)

Jawaban:
Ucapan terima kasih dari perusahaan penjual alat boleh diterima, tapi tidak pakai hadiah uang dan servis lainnya. Karena hadiah yang diberikan kepada seseorang disebabkan pekerjaan yang dia lakukan diistilahkan oleh para ulama dengan hadiyyatul ummal atau hadiah pekerja. Adapun di zaman modern ini dikenal dengan nama gratifikasi.

Hal ini pernah terjadi di masa Rasulullah ﷺ, di mana kala itu beliau ﷺ menugaskan seorang sahabat untuk menarik harta zakat, lalu saat bertugas sahabat ini diberikan hadiah oleh orang yang ditarik zakatnya, kemudian beliau pun berkata kepada Rasulullah ﷺ:

“Harta ini kuserahkan kepada engkau, sedangkan yang ini adalah hadiah untukku.”

Kemudian Rasulullah ﷺ pun bersabda:

“Mengapa orang yang ditugaskan tersebut tidak duduk saja di rumah orang tuanya, lalu dilihat apakah hadiah tersebut akan datang kepadanya atau tidak? Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, tidaklah seseorang mengambil sesuatu dari harta ini kecuali akan datang pada hari kiamat sambil membawa harta tersebut di lehernya.” (HR. Bukhari no. 2597).

Bagaimana cara menolak gratifikasi?

Sampaikan permohonan maaf dan jelaskan bahwa secara aturan kelembagaan atau perusahaan tempat bekerja dilarang bagi pegawai untuk menerima hadiah dalam bentuk apa pun.

Baca selengkapnya: https://bimbinganislam.com/hukum-gratifikasi-dalam-islam/
#fikihmuamalahkontemporer
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments