Search

Hal yang diperhatikan dengan adanya sosial media baru seperti Threads menurut Islam

Baca Juga :

 



——

📌 CONCERN TERHADAP WAKTU~

.

Waktu itu sangat berharga, walaupun setiap kita memilikinya secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Namun, waktu bisa menjadi bumerang dan membuat kita merugi.

.

Imam Hasan al-Bashri mengatakan, "Saya bertemu generasi orang-orang yang benar menjaga waktunya melebihi semangat kalian menjaga uang dan harta kalian."

.

Hal itu menunjukkan waktu lebih berharga dan mahal daripada uang sekaligus membantah kesalahkaprahan bahwa rizki hanya melulu soal uang. Sehingga konsep "Time is money" bukanlah konsep seorang muslim, melainkan "Waktu lebih berharga daripada uang."

.

Jika menjaga uang saja kita begitu ketat seperti dibuatkan tabungan, dibelikan brankas, diinvestasikan, dst. Bahkan apabila uang kita dicuri, kita langsung gercep bertindak layaknya densus 88. 

.

Namun sebaliknya terhadap penjagaan waktu. Jika waktu hilang, kita malah biasa saja, santuy, kalem, bahkan tertawa-tawa menikmati nongki-nongki unfaedah, main game, rebahan, dll.

.

Padahal jika waktu yang berharga itu dimanfaatkan dengan seoptimal mungkin, maka sudah berapa potensi amal yang dapat dikerjakan? Sementara boleh jadi salah satu di antara potensi amal tersebut dapat mengantarkan kita menuju jannah-Nya.

.

Oleh karena itu, kenapa ulama sekaliber Syaikh bin Baz masih menasihati mahasiswa-mahasiswa sekaliber Universitas Islam Madinah untuk menjaga waktu? Karena tidak lain, mayoritas manusia tertipu dan gagal menjaga waktu (sebagaimana sumpah Allah dalam Alquran).

.

Semoga menjadi renungan bersama. Barakallahu fiikum.

.

.

.

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments