Search

Kapan puasa sunnah Tasua dan Asyura muharram di tahun 2023 ?

Baca Juga :

 




——

- In syaa Allah Puasa Tasu'a 09 Muharram 1445 H bertepatan dengan hari Kamis, 27 Juli 2023 M

- In syaa Allah Puasa Asyura 10 Muharram 1445 H bertepatan dengan hari Jumat, 28 Juli 2023 M


1) Puasa tanggal 10 Muharram (hari 'Asyura).

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda "Puasa hari Asyura, saya berharap kepada Allah, puasa ini menghapuskan dosa setahun yang telah lalu". [HR. Muslim no.1162]


2) Puasa tanggal 9 Muharram (Tasu'a).

Dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma berkata: "Ketika Rasulullah berpuasa dihari Asyura dan memerintahkan untuk berpuasa, para Shahabat berkata: "Ya Rasulullah. Sesungguhnya hari ini adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani". Kemudian Rasulullah bersabda: "Tahun depan -Insya Allah- kita akan berpuasa tanggal 9". Belum sampai tahun depan, ternyata Rasulullah sudah wafat". [HR.Muslim no.1916]


Walaupun beliau tidak sempat melakukan puasa tasu'a karena beliau keburu wafat sebelum tahun depan dari apa yang beliau niatkan tersebut, tetap saja hal itu telah menjadi ketetapan sunnah.


Atas dasar hadits di atas, ada sebagian Ulama yang kurang menyukai hanya puasa tanggal 10 Muharram saja. Mereka berpendapat yang utama iringi juga tanggal 9 Muharramnya agar puasa ini tidak serupa dengan puasanya orang Yahudi.


Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, ”Diantara ulama yang menganjurkan berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram sekaligus adalah Imam Asy Syafi’i, Imam Ahmad, dan Ishaq. Adapun Imam Abu Hanifah menganggap makruh jika seseorang hanya berpuasa pada hari kesepuluh saja.” (Lihat Latho-if Al Ma’arif hal. 99)


Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah

https://dakwahmanhajsalaf.com/2019/09/keutamaan-puasa-sunnah-di-bulan-muharram.html


Instagram: @ittibarasul1

http://Instagram.com/ittibarasul1

Telegram: http://t.me/Manhaj_salaf

Grup WA: wa.me/6289665842579

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments