Search

Hukum membaca surat al fatihah setiap selesai sholat 5 waktu

Baca Juga :

 




——

✍️ *APAKAH NABI ﷺ MEMBACA SURAH AL-FATIHAH SETIAP SELESAI SHALAT 5 WAKTU ?*

.

Tidak ada riwayat dari Nabi ﷺ

yang sanadnya shahih yang menyatakan beliau membaca surah Al-Fatihah setelah sholat fardhu. Dan yang ada, beliau membacanya di dalam sholat. 


Setelah shalat fardhu adanya berdzikir. Dan bacaan surah dari Al-Qur'an hanya ada 3 surah dan 1 ayat yaitu : ayat kursi, surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas ) selain itu tidak ada lagi 


Begitu juga tidak ada riwayat dari

para sahabat yang membaca

Al-Fatihah setelah sholat.


Hukum Asal lbadah Adalah Haram ( Sampai Ada Dalil Perintahnya )


*Fatwa Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan*


Soal:


Sebagian jama’ah ada yang selalu membaca Al Fatihah setelah shalat. Alasannya karena Al Fatihah itu doa atau berkah. Apakah amalan ini termasuk dalam sunnah Nabi?


Jawab:


Tentang membaca Al Fatihah setelah shalat, saya tidak mengetahui adanya dalil dari sunnah Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Adapun yang terdapat dalil dari sunnah Nabi ialah membaca ayat Kursi, qul huwallahu ahad, qul a’udzu birabbil falaq, qul a’udzu birabbinnaas. Terdapat banyak hadits yang menganjurkan membaca surat-surat tersebut setelah shalat yang lima waktu. Adapun surat Al Fatihah, saya tidak mengetahui adanya dalil yang menunjukkan disyariatkan membacanya setelah shalat.


Surat-surat yang tadi saya sebutkan, itu pun tidak boleh dibaca dengan cara bersama-sama dengan suara yang dikeraskan. Yang benar adalah setiap orang membaca sendiri-sendiri dengan suara yang didengar oleh diri sendiri. ( ar.islamway.net/fatwa/29974 )


📷 @ittiba.id

.

.

#suami #agama #islam #doa #shalat #wudhu #hijrah #dakwah #muslim #muslimah

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments