Search

Bagaimana cara menolak sumbangan acara maulid dan bid'ah lainnya?

Baca Juga :

 




✍️ *GIMANA CARA MENOLAK UANG IURAN UNTUK ACARA MAULID NABI ?*

.

👉 Gabung Grup WA bit.ly/ITTIBAID

.

Ada Yang Punya Pengalaman Menarik ? Gimana kejadiannya ? boleh berbagi pengalamannya. Semoga bermanfaat bagi orang lain


Contoh : Terima kasih banyak atas tawarannya, saya mohon maaf kali ini belum bisa berpartisipasi. Namun, jika Anda ada program sosial seperti membangun sumur, atau pengadaan mushaf alquran untuk masjid-masjid, membantu anak yatim piatu. Kami sangat tertarik untuk bisa ikut program ini.


Kita semua mencintai Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kita semua memuliakan beliau. Kami, anda, mereka, semua muslim sangat mencintai dan memuliakan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.


Yang menjadi pertanyaan, apakah perayaan maulid merupakan cara benar untuk mengungkapkan cinta kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam?


jika kita mengacu pada keterangan al-Maqrizy dalam kitabnya al-Khathat (1/490), maulid ini ada ketika zaman Daulah Fatimiyah, daulah syiah yang berkuasa di Mesir. Mereka membuat banyak Maulid, mulai dari Maulid Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Maulid Ali bin Abi Thalib, maulid Fatimah, hingga maulid Hasan dan Husain. Dan Bani Fatimiyah berkuasa sekitar abad 4 H.


Al-Maqrizy adalah ulama ahli sejarah dari Mesir. Wafat tahun 845 H.


Inilah yang menjadi alasan, kenapa para ulama ahlus sunah yang menjumpai perayaan maulid, menginkari keberadaan perayaan ini. Karena pada hakekatnya, mereka yang merayakan peringatan maulid, melestarikan kebudayaan daulah Fatimiyah yang beraqidah syiah bathiniyah


*Maulid Menurut Ulama 4 Madzhab*


Lalu bagaimana pandangan para ulama imam madzhab, seperti Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam as-Syafi’i, dan Imam Ahmad terkait peringatan maulid?


Jawabannya:


Bagaimana mungkin kita bisa mendapatkan keterangan dari mereka tentang maulid, sementara peringatan maulid belum pernah ada di zaman mereka..


Allahu a’lam.

.

. 🌐 Konsultasisyariah 🎬 @ittiba.id .

.

#agama #agamaislam #islam #dakwah #indonesia #kajian #hijrah #muslim

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments