Search

Benarkah Syaikh As Sudais dan Arab Saudi merayakan Maulid Nabi Muhammad?

Baca Juga :


 


[Benarkah Syaikh Sudais Merayakan Maulid Nabi ﷺ?]


FULL VIDEO (SIMAK SAMPAI AKHIR)


Belakangan ini beredar di media sosial, potongan video dari Imam Masjidil Haram, Syaikh Sudais yang membacakan syair puji-pujian terhadap Rasulullah ﷺ, kemudian beberapa akun menyertakan tagline “Semua Akan Maulid Pada Waktunya”. Seolah-olah Syaikh Sudais sedang merayakan maulid. Apakah benar demikian?


Sungguh itu semua merupakan kedustaan dan tuduhan tak berdasar yang disematkan terhadap Syaikh Sudais. Berikut jawaban kami:


1. Video yang beredar jelas-jelas dipotong dan menghilangkan keseluruhan isi dari pesan yang disampaikan. Barangsiapa yang mendengarkan video secara utuh, niscaya ia akan memahami bahwa sama sekali tidak ada perayaan maulid ataupun anjurannya dari beliau. Bahkan sebaliknya, Syaikh Sudais justru mewanti-wanti agar menjauhi perkara bid’ah dan hendaklah kecintaan terhadap Nabi ﷺ diwujudkan dengan ittiba’ terhadap sunnahnya.


2. Syaikh Sudais saat itu sedang menyampaikan kajian kitab Zaadul Ma’ad yang diadakan secara rutin setiap bulan di Masjid Nabawi, membahas Sirah Nabi Muhammad ﷺ. Yang mana kebetulan waktu itu kajian bertepatan di bulan Rabiul Awwal, maka Syaikh menyampaikan peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan tersebut (sebagaimana beliau lakukan pula di bulan-bulan lainnya), termasuk lahirnya Nabi ﷺ, wafatnya beliau, diutusnya beliau, dan hijrahnya beliau ke kota Madinah. Terlepas dari perbedaan pendapat di kalangan para ahli sejarah.


3. Terkait syair yang dibacakan Syaikh Sudais, bagi yang sering hadir ataupun menyimak kajian beliau, maka hal seperti itu sudah tidak asing lagi. Dalam kajian-kajiannya, Syaikh Sudais seringkali membacakan bait-bait syair ketika menjelaskan/menceritakan sesuatu agar lebih mudah dipahami dan diingat oleh pendengar.


Berikut telah kami lampirkan videonya secara utuh beserta terjemahannya. Harap menyimak hingga akhir, lalu silakan simpulkan sendiri. Apakah ada ungkapan atau anjuran untuk merayakan maulid dari Syaikh Sudais? Atau justru sebaliknya? Niscaya Allah akan membukakan hati bagi siapapun yang menginginkan kebenaran.


Sc: @fawaidharamain

Full video kajian (1 jam lebih): https://youtu.be/Wlj7

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments