Search

Al Quran tak sekedar dibaca

Baca Juga :



::Al-Qur'an Tak Sekedar Dibaca::.
•••
Al-Qur'an sekedar dibaca. Inilah sebuah fenomena yang menyebar di benak sebagian besar kaum muslimin. Dalam pandangan mereka, membaca Al-Qur'an hanya sebatas ingin mengejar target 1 huruf mendapat 10 kebaikan. Bukan sebuah kesalahan bila seseorang menargetkan hal tersebut, namun dengan hanya memfokuskan diri pada satu tujuan saja, berarti ia telah mengesampingkan tujuan-tujuan lain dibalik bacaan Al-Qur'an.

Kandungan Al-Qur'an perlu direnungkan dan diresapi. Sebab, Al-Qur'an mengandung berbagai perintah yang harus ditunaikan, berbagai larangan yang mesti dihindari, dan banyak kisah yang dapat dipetik hikmahnya. Dengan merenungkan
kandungan Al-Qur'an, sama artinya berupaya menghidupkan hati kita agar tidak mati. Allah Ta'ala berfirman, "Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Qur'an ataukah hati mereka terkunci? " (QS.Muhammad.24)

Kandungan Al-Qur'an perlu diamalkan. Sebab, Al-Qur'an diturunkan untuk diamalkan, bukan sebatas dibaca saja.

Hasan Al-Bashri berkata," Manusia itu diperintah agar mengamalkan Al-Qur'an, tetapi mereka menganggap bahwa membaca Al-Qur'an itulah yang disebut mengamalkan Al-Qur'an. "

Konsep inilah yang pernah disampaikan oleh Hasan bin Ali, ia berkata," Bacalah Al-Qur'an hingga ia bisa mencegahmu (dari berbuat dosa), bila tidak bisa mencegahmu berarti itu tidak membaca. "
Ia juga berkata," Sesungguhnya, orang yang paling utama terhadap Al-Qur'an
adalah orang yang mengikutinya (mengamalkannya) ". Pemahaman seperti inilah yang menyebar di tengah-tengah para sahabat Rasulullah.

Diriwayatkan dari Abu Abdurrahman Al-Sulami, dari Utsman, Ibnu Mas'ud dan Ubah bin Ka'b bahwa Rasulullah membacakan sepuluh ayat pada para sahabat. Mereka tidak beralih ke sepuluh ayat berikutnya sebelum mereka mengamalkan apa yang dikandung oleh sepuluh ayat itu. Jadi, kami mempelajari Al-Qur'an dan mengamalkannya bersamaan.

Barokallah fiekum...
Save dan sebarkan kebaikan ini @tadabbur_
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments