Search

Definisi dosa

Baca Juga :


Hadits ini menjelaskan tentang barometer untuk mengenal dosa. Tentunya, dosa-dosa adalah melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla. 
Untuk mengenal dosa, kita bisa melihat dengan mempelajari Al-Quran dan sunnah-sunnah Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam; apa yang dilarang oleh Allah dalam Al-Qur'an, maka itu adalah dosa; apa yang dilarang oleh Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam dalam hadits-haditsnya, maka itu adalah dosa. Namun terkadang, ada perkara yang kita lakukan yang kita tidak sempat untuk melihat dalilnya, tidak sempat untuk mengecek dalilnya atau kita tidak tahu dalilnya, tetapi tatkala kita hendak melakukannya, muncul kegelisahan dalam dada kita, muncul ketidaktenangan dalam hati kita tatkala kita hendak melakukannya; ingatlah, ini merupakan ciri dosa! Karena dalam hadits ini, Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam telah menyebutkan barometer dan indikator untuk mengenal dosa. Beliau menyebutkan 2 ciri, yaitu:
1. Menjadikan dadamu gelisah.
2. Engkau tidak suka untuk dilihat oleh orang lain.

Kalau Anda melakukan suatu perkara, kemudian Anda merasa tenang, hati tidak merasa gelisah, kalau orang lain tahu pun tidak jadi mengapa, maka ini bukan dosa. Tapi tatkala Anda melakukan sesuatu, kemudian ternyata hati anda gelisah atau tidak tenang, kemudian —yang kedua— tidak ingin orang lain tahu, tidak ingin tetangga tahu, tidak ingin sahabat tahu, tidak ingin istri tahu, tidak ingin ustadz kita tahu, maka ini merupakan ciri dosa. Maka berhati-hatilah! Dan sebaiknya kita meninggalkan perkara yang menimbulkan ketidaktenangan tersebut. 
Di salin dari kajian Ust Firanda di Madinah 
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments